Tips Menghindari Tersesat di Gunung

Tips Menghindari Tersesat di Gunung – Kegiatan pendakian memang merupakan kegiatan yang sangat mengasyikan. Tapi tentu saja kegiatan ini tidak lepas dengan yang namanya resiko. Salah satu hal yang mungkin terjadi ketika pendakian adalah Tersesat. Lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk menghindari tersesat di gunung? Berikut beberapa tips menghindari tersesat di gunung :


Tips Menghindari Tersesat di Gunung


1. Belajar Navigasi Darat.


Navigasi darat adalah suatu cara untuk menentukan posisi dan arah perjalanan baik medan sebenarnya atau dipeta. Sebelum mendaki gunung sebaiknya pelajari peta area gunung dan biasakan dengan tanda medannya seperti sungai, punggungan, puncak, lembah dan tanda lainnya karena dengan anda mempelajari navigasi darat dapat memperkecil kemungkinan tersesat disaat pendakian. Ketika sampai di lokasi dan mulai mendaki, amati topografi medan (punggungan, puncak, sungai, dan lainnya). Semua bisa menjadi titik referensi yang bagus saat kita di ketinggian.


2. Biasakan selalu membawa peta dan kompas


Peta dan kompas merupakan perlengkapan paling mendasar untuk menghindari tersesat. Ketika kita kehilangan arah, berhentilah, keluarkan peta dan lihat sekeliling untuk mencari tanda medan yang bisa dikenali. Pelajari dengan tenang peta dan medan sekeliling anda setidaknya lima menit. Untuk membantu orientasi, naik ke punggungan atau tempat tinggi, sehingga akan memudahkan mengenali perbukitan atau sungai yang bisa ditandai di peta. Tetapi jangan mengembara terlalu jauh dari rute asli, terlebih jika tidak memiliki peta.


tips menghindari tersesat di gunung tips menghindai tersesat di gunung


3. Memberitahukan Rencana Pendakian


Perizian adalah salah satu faktor terpenting disaat akan mengadakan pendakian. Dengan memiliki perizinan untuk mendaki dapat memberikan kabar dan solusi bagi pihak lain untuk dapat menjemput pendaki gunung jika dalam keadaan tersesat maupun adanya bencana lain. Biasanya beberapa gunung memiliki pos-pos perizinan pendakian. Melapor dengan mengisi form yang tersedia dan juga ada baiknya anda melapor kepada kepolisian setempat. Dengan cara ini maka jika suatu saat anda tersesat, pihak-pihak yang bersangkutan dapat langsung bertindak dengan cepat. tak lupa juga, pastikan anda memberitahukan rencana perjalanan pada keluarga atau teman. Hal ini tentunya akan sangat berguna, terlebih lagi jika anda tidak kembali dari waktu yang telah ditentukan. Pihak keluarga pun bisa dengan segera mengecek keberadaan anda.


4. Ajaklah teman saat pendakian


Semakin banyak teman disaat pendakian maka akan membuat pendakian anda lebih aman, ceria dan menghemat tenaga jika terjadi masalah disaat pendakian. Lebih baiknya salah satu teman yang anda ajak untuk mendaki sebelumnya sudah pernah mendaki gunung tersebut, dengan cara ini juga dapat mengurangi resiko bahaya disaat pendakian dan jika kelompok anda tersesat disaat pendakian sebaiknya bermusyawarah dalam mengambil keputusan dan jangan mengunakan ego sendiri. Karena kerjasama tim disaat tersesat dapat memberikan solusi anda bersama untuk menemukan jalur asli pendakian.


tips menghindari tersesat di gunung tips menghindari tersesat di gunung


Tentunya yang tak kalah pentingnya adalah senantiasa selalu mengingat kepada Tuhan yang maha esa, serta menjaga sikap selama proses pendakian. Demikian artikel kita kali ini mengenai Tips menghindari tersesat di gunung, baca pula postingan kami mengenai Tips mengatasi tersesat di gunung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam..!! ^^



Tips Menghindari Tersesat di Gunung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menghindari Tersesat di Gunung"

Posting Komentar