7 Efek Negatif Tidur Berlebihan

7 Efek Negatif Tidur Berlebihan – Tidur merupakan salah satu kebutuhan “pokok” manusia saat tidur. Ketika tidur, organ – organ mengalami proses istirahat dari aktifitas. Pikiran dan tenaga juga dipulihkan saat proses ini. Tapi walaupun memiliki banyak manfaat, disisi lain tidur berlebihan ternyata bisa pula mendatangkan masalah-masalah kesehatan. Tidur berlebihan (oversleep) yang dimaksud ialah tidur dalam rentang waktu terlalu lama, dan juga tidur terlalu larut (malam begadang dan baru tidur menjelang subuh hari). Lalu apa saja efek negatif tidur berlebihan? Berikut telah kami rangkumkan untuk anda :


efek negatif tidur berlebihan efek negatif tidur berlebihan


7 Efek Negatif Tidur Berlebihan


1. Diabetes

Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya memiliki resiko 50 persen lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Penelitian juga menemukan, oversleeping dapat mengindikasikan gangguan medis yang meningkatkan kemungkinan pengaruh diabetes.


2. Obesitas.

Mereka yang tidur selama 9 – 10 jam setiap malam, berpeluang 21 persen mengalami obesitas daripada mereka yang hanya tidur selama 7 – 8 jam. Hal ini dikarenakan selama tidur tubuh beraktivitas lebih sedikit sehingga pembakaran kalori berkurang yang menyebabkan lemak menumpuk.


3. Sakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tidur selama 9 – 11 jam setiap malam, memiliki peluang sebanyak 38 persen terkena penyakit jantung koroner.


4. Sakit kepala.

Para peneliti meyakini, sakit kepala bisa juga dampak dari oversleeping. Mereka yang tidur terlalu lama pada siang hari mengalami gangguan ketika hendak tidur malam harinya sehingga menimbulkan sakit kepala pada keesokan harinya.


5. Nyeri punggung.

Ketika anda berbaring di tempat tidur selama berjam-jam, seringkali timbul nyeri pada punggung. Orang yang menderita sakit punggung atau rentan terhadap penyakit punggung pun dianjurkan oleh dokter untuk tetap aktif bergerak, bukannya sering berbaring atau tiduran.


6. Hilangnya memori


Kerugian dari tidur selama lebih dari 8-9 jam per malam merugikan memengaruhi ptak Anda. Hal ini memperlambat fungsi sel-sel otak yang pada akhirnya menunjukkan tanda-tanda awal hilangnya memori saat penuaan.


7. Kematian.

Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sembilan jam atau lebih tiap malam, memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Para peneliti berspekulasi, depresi dan rendahnya status sosial ekonomi (jika dikaitkan dengan oversleeping) dapat dihubungkan dengan meningkatnya angka kematian.


Tentunya sangat menyeramkan jika kita terkena hal-hal yang telah disebutkan diatas. Makanya, sebisa mungkin tidur dalam rentang waktu yang pas. Tidur 7-8 jam sehari sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita. Jika terkendala kesibukan pada malam hari, bisa disiasati dengan tidur siang yang juga memiliki banyak manfaat. Kebanyakan tidur akan membawa masalah buruk bagi kesehatan anda.


Demikian postingan kali ini mengenai 7 efek negatif tidur berlebihan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^



7 Efek Negatif Tidur Berlebihan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Efek Negatif Tidur Berlebihan"

Posting Komentar