Manfaat Binahong

manfaat Binahong manfaat binahong


Manfaat Binahong - Perjumpaan saya dengan tumbuhan binahong dimulai ketika ibu saya mengeluhkan sakit pada lutut bagian kanannya. Berhubung ibu saya adalah type orang yang malas untuk berobat kerumah sakit dan lebih suka menggunakan pengobatan secara herbal maka saya pun berinisiatif untuk mencarikan tumbuhan herbal. Setelah mencari info akhirnya saya diberitahu kemenakan saya mengenai daun binahong yang katanya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.


Binahong memiliki nama latin Bassela rubra linn dan termasuk dalam keluarga Basellaceae. Dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut Heartleaf maderavine madevine, sedangkan orang Cina menamainya dengan sebutan Deng san chi. Binahong merupakan tanaman merambat seperti gendola yang biasa terdapat di pagar atau gapura.


Binahong berasal dari Bahasa Korea. Masyarakat Cina sudah lama memanfaatkan tanaman binahong sebagai tanaman herbal.  Kapan tanaman ini masuk ke Indonesia, belum jelas diketahui. Tapi saat ini banyak warga yang mulai menanam binahong ini sebagai tanaman hias maupun sebagai tanaman obat.


Di China, manfaat binahong sudah ratusan abad digunakan sebagai obat untuk menambah stamina dan mengobati beberapa macam penyakit yang dibuat dalam bentuk seduhan teh mulai dari pengobatan penyakit darah rendah, kencing manis (diabetes mellitus), sesak napas dll.


Di Indonesia, daun binahong disebut juga dengan Gondola. Namun, di Indonesia pemanfaatan daun binahong masih dikatakan cukup kecil. Hanya sebagian kecil dari mereka yang menggunakan daun binahong sebagai obat. Khususnya mereka yang tinggal di pedesaan yang memang sudah mengenal tanaman binahong ini.


Daun binahong yang dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam bentuk sediaan selain untuk mengobati beberapa jenis penyakit berat. Manfaat  binahong dapat digunakan pula sebagai obat untuk menyembuhkan luka dalam dan luar seperti luka operasi yang membekas pada kulit, untuk mengobati dan penyembuhan sakit tipes, mengobati sakit maag,rematik, radang usus dan meringankan ambeien.


MANFAAT  BINAHONG


Selain itu manfaat daun binahong dapat pula digunakan sebagai obat yang dapat mengatasi pembengkakan akibat luka memar, luka bekas pukul benda tumpul, mengembalikan stamina pasca sakit, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi rematik, asam urat dan mencegah stroke serta dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.


images


Kini daun binahong telah banyak diolah menjadi berbagai macam obat, kosmetik maupun teh. Teh yang diperoleh dari daun binahong kini menjadi sajian obat yang praktis untuk dikonsumsi dan mengobati berbagai jenis penyakit seperti yang disebutkan diatas dengan memanfaatkan seluruh bagian dari tanaman binahong.


Penggunaan manfaat  binahong untuk kesehatan sebagai obat tradisional memang mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan. Karena kandungan pentiing yang ada di dalam daun binahong ini salah satunya adalah saponin yang merupakan distribusi senyawa dari tumbuhan mempunyai potensi luar biasa untuk membantu mengobati berbagai penyakit kronis. Selain itu, daun binahong mempunyai senyawa saponin dalam setiap bagian tanamannya. Selain itu kandungan yang ada di dalam umbi binahong mengandung saponin triterpenoid, steroid, glikosida, dan alkaloid. Di dalam daun dan batangnya juga ditemukan senyawa-senyawa tadi yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Senyawa-senyawa yang ada di dalam daun binahong tadi bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit diabetes melitus, penyakit hati atau hepatitis, gangguan kardiovaskular misalnya akibat tekanan darah, kolesterol darah yang tinggi, pembekuan darah, dan stres.


Cara membuat ramuan daun binahong jug sangat mudah dan Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Cara membuatnya adalah : ambillah beberapa lembar daun binahong yang kemudian dikunyah sampai halus dan setelah itu direbus dengan menggunakan 1 gelas air. Kemudian rebusan dari ramuan tadi diambil ampasnya atau bisa juga diblender atau di jus. Daun bonahong ini sangat berkhasiat untuk membantu berbagai penyakit. Dari pengobatan eksternal maupun pengobatan internal.


Berikut khasiat daun binahong bagi kesehatan


binahong-2


Demikianlah artikel saya kali ini yang membahas mengenai manfaat binahong bagi kesehatan.



Manfaat Binahong

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Binahong"

Posting Komentar