Khasiat dan Manfaat Garam

Khasiat dan Manfaat Garam - Semua orang pasti mengenal garam. Sebagai salah satu bumbu dapur yang wajib ada saat memasak, garam memang salah satu bumbu dapur yang harus ada di setiap dapur karena jika bumbu ini tidak ada maka masakan akan terasa sangat hambar dan tidak karuan. Dalam konteks ilmu kimia, garam merupakan senyawa  ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan)  dan terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa.


Garam sangat identik dengan rasa asin dan gurih. Hal ini dikarenakan sumber utama dari garam berasal dari penyulingan air laut sehingga tak jarang ditemui petani garam di tambak-tambak garam diarea dekat pantai/laut. Tentunya selain sebagai bumbu masakan garam juga memiliki manfaat lainnya terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut beberapa khasiat dan manfaat garam bagi kesehatan dan kecantikan.


Khasiat dan Manfaat Garam Khasiat dan Manfaat Garam


Khasiat dan Manfaat Garam


  • Obat sakit gigi dan sakit tenggorokan

Garam adalah obat gigi pemberian alam. satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat mampu menjadikan gusi lebih kuat dan membantu memutihkan gigi. Untuk menghilangkan sakit kerongkongan, berkumurlah dengan air garam.


  • Menghaluskan kulit

Garam mengandung exfoliant alami yang dapat menghaluskan kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah untuk menggunakan scrub garam. Siapkan seperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak almond atau wijen. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub pada umumnya. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, tak ada salahnya untuk menggunakan masker garam. Jenis masker ini dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat. Larutkan satu cangkir kecil garam ke dalam air hangat. Lalu, masukkan tiga sendok makan madu murni. Campurkan semuanya. Setelah itu, oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.


  • Mengobati mata lelah

Mata yang lelah dapat dimandikan dengan larutan seperempat sendok teh garam dan setengah liter air hangat. Untuk menghilangkan gembung sekitar mata, celupkan kapas dalam seliter air panas yang dibubuhi sesendok teh garam. Letakkan kapas pada mata, berbaringlah dan relaks.


  • Menghilangkan alergi pada kulit

Garam sangat ampuh untuk menghilangkah alergi pada kulit atau infeksi pada kulit, salah satu contoh adalah biduran / biduran karena alergi makanan atau hawa dingin. Jangan terlambat, bila timbul gejala biduran, segeralah mandi dengan air hangat dicampur dengan garam.Larutkan 1 genggam / lebih garam ke dalam air hangat [jangan air dingin]. Gunakan air garam tadi saat mandi, agar air garam dapat masuk kedalam pori – pori kulit.


  • Mengobati luka

Sifat antimikroba dalam garam menjadikannya sebagai salah satu pengobatan yang efektif untuk luka kulit. Apabila luka Anda mengalami pendarahan, tunggu hingga darah tidak keluar sama sekali. Setelah itu, gosokkan garam ke luka. Ini dapat membersihkan luka dari kuman bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.


Cukup sekian artikel kali ini mengenai khasiat dan manfaat garam bagi kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pembcara sekalian. Salam…!! ^^



Khasiat dan Manfaat Garam

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Khasiat dan Manfaat Garam"

Posting Komentar