Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang BaikSetelah posting mengenai contoh surat lamaran kerja yang baik selanjutnya kami akan menyajikan tips membuat surat lamaran kerja yang baik. Surat lamaran adalah salah satu dari faktor dalam kita mencari pekerjaan. Baik untuk melamar pekerjaan di bidang pendidikan (guru, honorer), perusahaan (misalnya : di Bank, di PT atau pabrik, di rumah sakit, maupun di hotel). Surat lamaran merupakan surat permohonan untuk dapat bergabung atau bekerja di suatu lembaga atau instansi. Untuk itu dalam menulisnya harus benar dan tepat, jangan sampai anda melakukan kesalahan di awal dalam mencari pekerjaan yang anda minati.


Surat lamaran kerja harus sesuai dengan EYD, jangan sampai anda menulis surat lamaran dengan gaya bahasa yang tidak teratur. Ada teori juga dari psikologi bahwa dengan membaca tulisan kita dapat mengetahui kepribadian seseorang. Jadi saya menghimbau kepada para pembaca untuk memperhatikan EYDnya dan menggunakan kalimat yang baik.


Membuat surat lamaran kerja memang tidak mudah, ada beberapa kaedah yang harus kita taati agar surat lamaran kerja yang kita buat sesuai dengan apa yang diiinginkan oleh pihak pencari tenaga kerja. Karena kerumitan pembuatannya itulah yang menyebabkan beberapa orang kesulitan membuat surat lamaran kerja sendiri.


tips membuat surat lamaran kerja yang baik tips membuat surat lamaran kerja yang baik


 


Syarat-Syarat dalam menulis surat lamaran kerja:


  1. Bahasa Penulisan : Gunakan bahasa penulisan yang baik dan benar usahakan sesuai dengan EYD, gunakan juga bahasa-bahasa yang lebih sopan dan santun karena hal itu akan menjadi nilai positif tersendiri bagi anda.

  2. Persyaratan dari Instansi atau Lembaga : Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan, jangan sampai anda remehkan hal ini. Jika sampai anda remehkan maka jangan harap surat lamaran anda akan ditindak lanjuti.

  3. Kemampuan Anda : Tunjukkan kemampuan anda, jelaskan bahwa anda berkompeten dibidang ini atau itu, kalau perlu tunjukkan portofolio yang pernah anda buat, namun perlu anda ingat juga jangan terkesan terlalu menyombongkan kemampuan anda, siapa tau hal tersebut malah akan menjadi boomerang bagi anda.

  4. Cara Menulis, di ketik komputer atau tulis tangan? Terkadang seseorang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja yang telah diketik dengan komputer kemudian dicetak, namun saya sarankan tulislah dengan tangan anda sendiri serapih mungkin, percayalah. Karena banyak yang bilang perusahaan bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari tulisan tangannya saja.

 


Cobalah untk menghindari kata atau kalimat yang kurang efektif. Misalnya : kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang dan berlebihan.


Kita juga dapat menuliskan beberapa prestasi kita dan kemampuan kita dalam surat lamaran, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan. Terkadang satu hal ini terlewatkan yaitu referensi. Kita dapat juga mencantumkan referensi yang mana referensi itu adalah nama orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda. Nah jika anda masih bingung bagaimana cara menulis surat lamaran.


Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang baik


Seperti yang kita semua ketahui, peran sebuah surat lamaran pekerjaan adalah yang utama, artinya, jika surat lamaran kerja tersebut salah atau tidak sesuai aturan yang baku, maka jangan harap Anda akan dihubungi untuk mengikuti intervie. Tapi tidak perlu khawatir, saya memiliki sedikit tips membuat surat lamaran kerja yang baik agar surat lamaran kerja yang Anda buat tidak ‘disingkarkan’ dan mungkin mampu ‘meluluhkan’ hati sang HRD.


  1. Tonjolkan Kesan Unik

    Ada banyak ribuan contoh surat lamaran kerja di Internet. Jika Anda hanya copy lalu paste di Ms. Office Word diprint lalu dikirim, tentu tidak akan ada nilai lebih dari surat lamaran keja Anda. Untuk itulah usahakan membuat surat lamaran kerja yang unik. Caranya mudah sekali, Anda bisa mendowload template di Office lalu tinggal Anda edit pada isinya.

  2. Rapi dan Bersih

    Saat memilih template dan menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda tidak menambahkan pernak-pernik yang justru akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat ‘maaf’ alay. Jadi usahakan membuatnya sebersih dan serapi mungkin.

  3. Teliti Kembali

    Meniliti kembali apa yang Anda tulis adalah hal terpenting, ini seperti ujian. Jadi pastikan apa yang Anda kirim sudah benar-benar lulus, dalam hal penulisan mupun pemilihan kata.

tips membuat surat lamaran kerja yang baik tips membuat surat lamaran kerja yang baik


Demikianlah Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik. Jangan lupa untuk melihat artikel kami mengenai contoh surat lamaran kerja yang baik.  Semoga bermanfaat bagi para jobseeker sekalian, selamat berjuang dan semoga berhasil.



Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik"

Posting Komentar