Cara Mengatasi Stress

Cara Mengatasi Stress – Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental dimana ketegangan ini akan mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Stress merupakan suatu kondisi yang disebabkan adanya ketidaksesuaian  antara situasi yang diinginkan dengan keadaan biologis, psikologis atau sistem sosial individu tersebut (Sarafino 2006). Agolla dan Ongori (2009) juga mendefinisikan stress sebagai persepsi dari kesenjangan antara tuntutan lingkungan dan kemampuan individu untuk memenuhinya.


cara mengatasi stress cara mengatasi stress


Jenis-jenis Stress


Stress selalu menjadi keluhan bagi kebanyakan orang. Untuk terhindar dari masalah yang satu ini sebelumnya kenalilah jenis-jenis stress. Dari penelitian, terdapat beberapa jenis stress, yaitu :


  • Stress kimia - merupakan jenis stress yang ditimbulkan oleh beberapa reaksi dari konsumsi alkohol, rokok, makanan dan minuman berpengawet yang dikonsumsi secara rutin. Tentunya Anda harus menghindari alkohol dan rokok. Selain itu Anda juga berkewajiban untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat. Mengkonsumsi jenis makanan rumahan bisa menjadi pilihan.

  • Stress fisik – stres jenis ini terjadi karena berbagai keadaan. Seperti kecelakaan, posisi yang tidak tepat saat tidur, atau terlalu lama beraktivitas di depan komputer. Istirahatkan tubuh Anda setiap setengah jam sekali saat Anda bekerja di depan komputer. Menghirup udara segar di taman kantor atau melakukan peregangan kecil bisa menjadi alternatif. Dengan begitu otot Anda akan kembali menjadi rileks.

  • Stress emosional - stress ini tidak bisa disembuhkan dengan obat medis. Karena stres ini berhubungan dengan rasa marah atau frustasi yang seringkali menimbulkan stress. Anda bisa mencoba bentuk meditasi seperti yoga. Selain membuat pikiran Anda nyaman, yoga juga menghadiahkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

  • Stres baik – Stres tidak hanya dipicu sepenuhnya oleh pengalaman negatif. Bahkan, pengalaman positif juga dapat membawa stres, seperti upacara kelulusan atau pernikahan. Namun, tipe stres seperti ini dalam dosis kecil sebenarnya baik untuk sistem imun kita. Selain itu, tipe stres ini juga dapat membuat banyak orang lebih mudah untuk menciptakan tujuan dan menikmati proses mencapainya dengan penuh energi.

  • Distres internal – Ini adalah tipe stres yang buruk. Distres merupakan tipe stres negatif hasil dari pengalaman buruk, ancaman, atau perubahan situasi yang tidak terduga dan tidak nyaman. Pada dasarnya, tubuh kita menginginkan rasa aman sehingga apabila rasa tersebut terusik, tubuh pun mengalami distres.

  • Distres akut – Distres akut terjadi ketika seseorang mengalami distres yang dipicu oleh peristiwa buruk yang berlalu dengan cepat. Sementara stres kronik terjadi ketika seseorang harus menahan stres dalam waktu yang lama. Kedua tipe stres ini akan memicu timbulnya hiperstres.

  • Hipostres – Ternyata hari-hari tanpa kekhawatiran dan tantangan juga dapat memicu tipe stres lainnya, yaitu hipostres. Hipostres merupakan “ketidakadaan” stres, tetapi bisa juga diartikan kebosanan yang ekstrem. Seseorang yang mengalami hipostres mungkin merasa tidak tertantang, tidak memiliki motivasi untuk melakukan apa pun. Hipostres dapat memicu perasaan depresi dan kesia-siaan.

  • Eustres – Eustres merupakan stres yang sangat berguna lantaran dapat membuat tubuh menjadi lebih waspada. Eustres membuat tubuh dan pikiran menjadi siap untuk menghadapi banyak tantangan, bahkan bisa tanpa disadari. Tipe stres ini dapat membantu memberi kekuatan dan menentukan keputusan, contohnya menemukan solusi untuk masalah.

  • Distress – Merupakan jenis stres yang diakibatkan oleh hal-hal yang tidak menyenangkan. Sebagai contoh: pertengkaran, kematian pasangan hidup, dan lain-lain.

  • Eustress – Merupakan jenis stres yang diakibatkan oleh hal-hal yang menyenangkan. Sebagai contoh: perubahan peran setelah menikah, kelahiran anak pertama, dan lain-lain.

cara mengatasi stress cara mengatasi stress


Setiap orang pasti pernah mengalami stress. Tentunya dibutuhkan cara yang tepat untuk menghilangkan stress yang melanda. Berikut beberapa cara mengatasi stress :


Cara mengatasi stress


  • Menarik nafas dalam dalam – Cara mengatasi stress yang pertama adalah dengan menarik nafas dalam dalam. Ketika stress kita cenderung bernafas dengan lebih cepat. Menarik nafas dalam dalam secara tidak langsung dapat menetralkan kondisi tersebut. Oksigen yang kita hirup dapat membantu kita dalam meningkatkan konsentrasi dan menjernihkan pikiran sehingga kita dapat memikirkan masalah kita dengan lebih jernih dan menyelesaikannya

  • Olahraga – Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.

  • Yoga – Ketika Anda terdapat waktu kosong, alangkah baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan yoga. Ada beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian dada dan pundak sehingga dapat melepaskan beban mental maupun fisik. Postur ini dapat membantu melepaskan tekanan emosional serta dapat menghilangkan efek negatif duduk terlalu lama di dalam kantor.

cara mengatasi stress cara mengatasi stress


  • Pijat – Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda

  • Tertawa – Menertawakan hal yang lucu dan konyol dapat membuat kita menjadi lebih ringan dan melepaskan stres yang menjerat pikiran kita.

  • Mendengarkan musik – Mendengarkan musik terbukti dapat menenangkan pikiran kita. Sebaiknya dengarkan musik yang lembut, jangan musik keras karena akan menambah keruwetan pikiran kita.

cara mengatasi stress cara mengatasi stress


  • Tidak menunda pekerjaan – Cara mengatasi stress selanjutnya adalah dengan tidak menunda pekerjaan sehingga semakin menumpuk. Salah satu penyebab stress terkait dengan  masalah pekerjaan yang menumpuk. Jika kita tidak menunda-nunda pekerjaan yang dapat kita kerjakan lebih dahulu tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk. Sehingga stress kemungkinan besar tidak menimpa kita.

  • Menghibur diri  - Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkan waktu sebentar di padatnya aktivitas anda dengan menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang anda sukai seperti bermain games, meluangkan waktu beramsa keluarga, menonton film yang anda sukai,  atau kegiatan-kegiatan dapat menghibur anda.

  • Positif thinking – Cara mengatasi stress yang terakhir yaitu Positive thinking atau berpikiran positif terhadap segala masalah yang sedang dihadapi serta berusaha mengambil pelajaran dari masalah tersebut. Sehingga pada akhirnya dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi stress baik itu stress ringan maupun stress berat. Tentunya cara mengatasi stress diatas hanya merupakan referensi bagi anda. Intinya adalah menjalani hidup tanpa beban dan senantiasa mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa. cukup sekian artikel kali ini mengenai cara mengatasi stress. Semoga artikel cara mengatasi stress ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam..!! ^^


 


 



Cara Mengatasi Stress

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Stress"

Posting Komentar