Contoh Pidato Perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan – Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi dengan tujuan untuk menyatakan pendapatnya atau mengungkapkan pemikiran terhadap sesuatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu kejadian atau peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi para pendengar pidato tersebut.


Metode Dalam Berpidato


Beberapa metode dalam berpidato diantaranya adalah :


  • Menghafal – Pada pidato jenis ini kita menggunakan naskah yang dihafal sebelumnya. Jadi saat berpidato kita tidak membawa selembar kertas pun, tetapi isi pidato kita tetap berpatokan pada naskah pidato yang kita hafal. Berpidato dengan cara ini cukup sulit bagi sebagian orang terutama mereka yang tidak memiliki kemampuan menghafal yang kuat. Tetapi keuntungannya, jika bisa dibawakan dengan baik, maka interaksi dengan pendengar akan optimal karena bahasa tubuh tidak dibatasi oleh kertas atapun catatan.

  • Naskah – Pada metode ini, pidato dibacakan dengan menggunakan naskah pidato yang disiapkan sebelumnya. Pidato ini efektif dalam penyampaian poin-poin yang disampaikan, tetapi bahasa tubuh kurang efektif dikarenakan mata harus bergantian melihat ke arah pendengar dan naskah.

  • Ekstemporan – Pidato Ekstemporan merupakan gabungan dari pidato menghafal dan naskah. Bedanya, pada pidato ekstemporan kita cukup membawa catatan-catatan kecil yang berisi poin-poin penting dari pidato kita, sisanya kita menghafal dan berimprovisasi dalam proses pidato tersebut

  • Impromptu – Pidato ini merupakan pidato spontan tanpa persiapan. Tentunya dibutuhkan mental yang kuat, pengalaman, serta retorika yang baik jika ingin membawakan pidato seperti ini.

contoh pidato perpisahan contoh pidato perpisahan


Salah satu contoh kejadian dimana seseorang berpidato adalah pada momen perpisahan secara resmi. Perpisahan merupakan momen dimana semua emosi bercampur padu. Senang sekaligus sedih. Sehingga, kata-kata yang diucapkan dalam pidato perpisahan haruslah tepat dan bermanfaat. Dalam dunia pendidikan, perpisahan biasanya diisi dengan acara dimana semua orang berkumpul dan saling berbagi hal-hal yang telah dilewati bersama. Bagi anda yang sedang mempersiapkan naskah pidato untuk perpisahan, berikut beberapa contoh pidato perpisahan.


Contoh Pidato Perpisahan


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh….


Bapak ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya banggakan. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.


Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya, yang insya Allah akan selalu taat pada ajarannya.


Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.


Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok.


Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.


Tak lupa juga kami sangat berterima kasih mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang ini untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya mereka membimbing kami.

Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.


Kejarlah cita-citamu teman !! agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.

Sekian dari saya.


Wabilahitaufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb


 


Selanjutnya Beberapa Contoh naskah pidato perpisahan lainnya :


Contoh pidato perpisahan SD : download di sini


Contoh pidato perpisahan SMP : download di sini


Contoh pidato perpisahan SMA : download di sini


Demikian beberapa contoh pidato yang bisa anda jadikan referensi bagi yang sedang membuat naskah pidato perpisahan. Cukup sekian artikel kali ini tentang contoh pidato perpisahan, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^


 


 


 



Contoh Pidato Perpisahan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Pidato Perpisahan"

Posting Komentar