Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan – Tidur adalah aktifitas rutin yang menjadi salah satu kebutuhan manusia. Ketika tidur, organ – organ mengalami proses istirahat dari aktifitas. Pikiran dan tenaga juga dipulihkan ketika tidur. Saat manusia tertidur, ada banyak hal yang terjadi pada otak. Otak kanan menunjukkan aktivitas yang jauh lebih tinggi daripada otak kiri. Hal itu aneh karena sebagian besar orang menggunakan tangan kanan yang didominasi otak kiri. Tapi selama istirahat, otak kanan lah yang paling aktif.


Selain tidur yang rutin kita lakukan dimalam hari, kita juga mengenal tidur siang. Tidur siang adalah aktifitas tidur yang dilakukan di siang atau sore hari, dengan tujuan untuk menutupi kekurangan tidur di malam hari. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ternyata tidur siang dengan durasi waktu yang seimbang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran perusahaan-perusahaan besar seperti google, dan apple menyediakan ruangan tidur siang bagi karyawannya yang ingin beristirahat. Lalu apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Berikut manfaat tidur siang bagi kesehatan tubuh kita.


manfaat tidur siang bagi kesehatan manfaat tidur siang bagi kesehatan


 


manfaat tidur siang bagi kesehatan


1. Meningkatkan kinerja otak


Manfaat tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang tua (lansia). Karena semakin meningkatnya umur, mereka cenderung melupakkan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat. Bagi anak-anak, dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Anak-anak pun sama pentingnya karena mereka belajar dan mungkin mengkhafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah


2. Mengatasi stress


Tidur siang juga dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi stress karena hormon stress akan turun secara drastis apabila anda istirahat dalam waktu yang cukup.


3. Meningkatkan produktivitas kerja


Tidur siang ternyata mampu meningkatkan produktivitas kerja anda. Oleh karena itulah, bagi anda yang sering mengalami kecapekan tenaga dan pikiran setelah bekerja di sarankan untuk tidur siang agar produktivitas kerja anda meningkat.


4. Meningkatkan konsentrasi


Seringkali ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula. Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.


5. Mengurangi resiko penyakit jantung


Jika anda melakukan tidur siang pendek selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke. Sebuah penelitan yang dilakukan oleh orang Yunani menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37 persen. berdasarkan penelitan tersebut, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Karena jika lebih dari waktu tersebut akan menyebabkan kepala berat ketika anda terbangun.


6. Meningkatkan Kreatifitas


Tidur siang juga dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda. Bagi anda yang berkecimpung di industri kreatif seperti fotografi dan grafik desain, tidur siang dapat membuat anda  menjadi jauh lebih kreatif saat sudah bangun tidur. Karena saat kita sedang tidur fungsi otak kiri manusia akan beraktivitas dan hal ini dipercaya akan meningkatkan kreatifitas seseorang.


manfaat tidur siang bagi kesehatan manfaat tidur siang bagi kesehatan


Tips tidur siang yang sehat


Tidur siang harus dilakukan secara bijak, karena jika tidak maka bukannya manfaat yang diperoleh melainkan penyakit yang semakin menumpuk. Berikut adalah beberapa tips jika anda ingin tidur siang dan mendapatkan secara optimal manfaat tidur siang bagi kesehatan tersebut.


  • Tidur siang singkat biasanya disarankan selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa mengganggu jam tidur di malam hari.

  • Usahakan jangan melakukan tidur siang sebelum jam 12 siang

  • Pastikan tempat tidur anda nyaman

  •  Pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan anda

  • Jangan mengambil tidur siang terlambat (biasanya sudah sore) karena akan mengganggu pola tidur di malam hari. Karena kualitas dan manfaat tidur di malam hari juga jauh lebih baik.

manfaat tidur siang bagi kesehatan manfaat tidur siang bagi kesehatan


Demikianlah Artikel kali ini mengenai manfaat tidur siang bagi kesehatan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Salam…!! ^^


 



Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan"

Posting Komentar