Tips Memilih Tenda Untuk Pendakian

Tips Memilih Tenda Untuk Pendakian – Aktifitas mendaki gunung juga merupakan kegiatan yang sangat positif dan sekaligus sangat menyenangkan. Berbaur dengan alam, melakukan interaksi langsung sambil mengambil pelajaran dari alam tentunya dengar unsur olah fisik yang menantang seakan membuat kita semakin dekat dengan kehadiran dari sang Pencipta. Mendaki gunung, juga tidak bisa dipungkiri merupakan olahraga yang cukup berat dan memerlukan perlengkapan yang sangat memadai. Salah satu alat yang paling penting dalam kegiatan pendakian adalah tenda.


tips memilih tenda untuk pendakian tips memilih tenda untuk pendakian


 


Pengertian Tenda


Tenda adalah tempat pelindungan yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung dan didirikan sebagai tempat berteduh yang sifatnya sederhana. Tenda biasanya mempunyai dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas (breathable) atau bahan non-waterproof dan dinding luar (flysheet) yang terbuat dari bahan yang anti air. Ini bertujuan mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktifitas di dalam tenda.


tips memilih tenda untuk pendakian tips memilih tenda untuk pendakian


Tips Memilih Tenda Untuk Pendakian


Dipasaran saat ini telah banyak beredar berbagai macam tipe tenda yang beraneka ragam modelnya. Tentunya tiap -tiap tenda memiliki fungsi yang berbeda, seperti tenda regu yang biasa dipakai oleh kalangan militer dan anak pramuka, dan ada juga tenda dome atau tenda bulan yang umumnya dipakai ketika pendakian karena praktis dibawa. Tenda dome sendiri terbagi lagi kedalam berbagai macam tipe dan bentuk lagi. Lalu bagaimana tips memilih tenda untuk pendakian yang tepat? Berikut hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli tenda.


  • Tinggi tenda.

Sesuaikan tinggi tenda dngan medan yang akan ditempati nantinya. Pada pendakian sebaiknya memilih tenda dengan kontruksi rendah. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tiupan angin yang kencang agar tenda tidak roboh. DIsarankan untuk memilih tenda dengan maksimal tinggi 1 meter agar tahan terhhadap tiupan angin.


tips memilih tenda untuk pendakian tips memilih tenda untuk pendakian


  • Bahan tenda

Perhatikan baik-baik bahan dasar tenda. Disarankan memilih tenda dengan bahan dasar nilon, bukan yang terbuat dari kain katun. Tenda dengan bahan katun bila digunakan di pegunungan suhu tinggi akan meningkatkan ruang lembab dan dingin. Tenda jenis ini tidak memberikan perlindungan yang baik bagi penghuninya dan hanya cocok digunakan untuk berkemah di lereng gunung. Meski demikian, tenda-tenda sekarang juga banyak yang dipadukan dengan katun dibagian dalamnya. Karena bahan katun dapat mengeluarkan uap panas tubuh dari dalam tenda ketimbang seluruh tenda yang berbahan dasar nylon. Makanya, kalau tenda anda keseluruhan berbahan dasar nylon pastikan tenda tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik.


  • Bobot dan dimensi tenda

Pilihlah yang tidak berat dan memiliki dimensi yang kecil pada saat di packing. Saat ini ada bermacam – macam bentuk tenda yang sekarang di jual bebas di toko tempat jual tenda. Bentuk tenda yang berbagai macam tersebut ternyata juga memiliki penempatan yang berbeda pula. Bentuk tenda dome yang seperti bola terpotong setengah dan tenda berjenis tunnel ( terowongan ) bisa dibawa untuk kondisi berkemah sepanjang tahun di pegunungan – pegunungan tropis seperti di Indonesia.


tips memilih tenda pendakian tips memilih tenda pendakian


  • Flysheet tenda

Flysheet merupakan lembaran anti air yang digunakan di bagian paling luar tenda. Flyseet berguna selain untuk menahan air saat hujan, juga untuk menahan panas agar tidak langsung menimpa tenda. biasanya tenda untuk pendakian gunung sudah mempunyai lembar flysheet nya, kecuali tenda yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang bisa menahan air tapi kondensasi dalam tenda bisa keluar. Flysheet sangat berguna untuk melindungi tenda bagian dalam dari hujan, flysheet yang bagus adalah yang menutup tenda hingga kebawahnya. Hindari memakai tenda camping yang tidak mempunyai flysheet karena sewaktu dipakai di gunung dengan cuaca yang lembab saja tenda tersebut cenderung bagian dalamnya akan menjadi lembab dan sangat buruk untuk kesehatan pendaki didalamnya.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak antara fly sheet dan atap tenda utama. Pilihlah tenda yang memiliki jarang yang cukup antara flysheet dan atap tenda. Jarak yang baik antara fly sheet dan tenda utama akan memungkinkan uap kondensasi dari dalam tenda itu terbawa oleh angin sehingga tidak tertampung di bagian dalam Fly Sheet yang anti air. Jika menempel pada Fly Sheet maka hal ini akan berubah kembali menjadi titik air yang dapat jatuh dan merembes masuk ke dalam tenda.


  • Bentuk tenda

Untuk tenda dome atau tenda bulan hindari memilih tenda yang mempunya bagian terbuka atau menganga, apalagi bagian atas, karena akan menjadi pintu bagi angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian.


tips memilih tenda untuk pendakian tips memilih tenda untuk pendakian


  • Alas tenda

Banyak yg berpikiran, bahan terpal lebih bagus. Pada kenyataanya sudah banyak kejadian tenda camping yg bawahnya menggunakan bahan terpal tidak menjamin bebas dari rembesan air. contohnya bahan yg dipakai di tenda ultralight (sejenis nylon), walaupun tipis tapi bisa menahan rembesan air. Untuk menyiasati bahan yg tipis, bisa digunakan footprint tenda untuk mengurangi gesekan dengan tanah / material bawah tenda


  • Frame tenda

Fram merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Material yang digunakan sebagai bahan dasar frame tenda tergantung dari kondisi bagaimana yang akan dihadapi di lapangan. Frame dari bahan fibreglass berharga lebih murah tetapi cenderung merusak kain tenda dan mudah goyah bila terkena angin keras, juga mudah pecah. Tenda yang menggunakan frame jenis fibreglass ini sering kita temukan di tenda – tenda dome dan tunnel yang diperuntukkan di gunung – gunung tropis. Frame aluminium mungkin merupakan alternatif yang lebih baik, karena berbahan dasar yang lebih awet dan lebih kuat dalam menghadapi cuaca buruk.


  • Jahitan tenda

Perhatikan jahitan tenda, apakah jahitan2nya sudah dberi seam seal atau didobel lapisan plastik. Perhatikan pula apakah keempat sudut tendanya terangkat atau malah sejajar dengan tanah saat didirikan.


tips memilih tenda untuk pendakian tips memilih tenda untuk pendakian


Demikianlah beberapa Tips Memilih tenda untuk pendakian. Semoga Artikel tips memilih tenda untuk pendakian ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^



Tips Memilih Tenda Untuk Pendakian

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Memilih Tenda Untuk Pendakian"

  1. Halo kak, Butuh jenis kain untuk pembuatan Tenda outdoor yang berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami fitinline dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline

    BalasHapus