cara format flashdisk

Cara Format Flashdisk – Flashdisk atau yang biasa disebut FD, USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, atau microdisk adalah alat penyimpan file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk . Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang berkerja secara mekanik.  Selain sebagai media penyimnan data, kita juga dapat menjalankan aplikasi portable dari flashdisk USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel.


Sebagai media penyimpanan data Flashdisk  tentunya tidak lepas dari masalah.  Tak jarang pula kita dituntut untuk memformat suatu flashdisk. Apakah format itu? Memformat suatu flashdisk adalah cara seseorang yang memiliki masalah pada flashdisk yang dipakainya. Masalah tersebut terjadi karena flashdisk terkena virus, flashdisk tidak bisa dibuka karena suatu hal, flashdisk tidak terdekteksi, dan lain sebagainya.


Pada postingan kali ini kami akan memaparkan cara fortam flashdisk secara sederhana. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah cara format flashdisk :


cara format flashdisk cara format flashdisk


1. Masuk ke Explorer di windows anda. Di sini saya menggunakan Windows XP. Hampir semua windows memiliki cara format disk yang sama seperti ini.


2. Klik kanan pada disk yang akan kita format, Lalu pilih/klik pada menu “Format”


3. Setelah itu akan muncul jendela baru untuk memulai langkah pemformatan disk. Di dalamnya (untuk windows XP) tersedia menu:

- Pilihan : Capacity, File system, dan Allocation unit size. Biarkan ketiga pilihan ini apa adanya (default)

- Volume label, teks di kotak ini akan menjadi nama label disk anda. Ganti sesuai nama yang anda inginkan!

- Pilihan: Quick format, enable compression, dan create an MS-DOS startup disk.


Tandai pada Quick format untuk pemformatan secara ringan! Biarkan pilihan “enable compression”  dan “Create an MS-DOS startup disk” apa adanya.


cara format flashdisk cara format flashdisk


4. Setelah Quick format ditandai, klik “Start” untuk memulai pemformatan disk


5. Akan muncul jendela peringatan/konfirmasi atas perintah format tersebut. Klik “OK” untuk melanjutkan


cara format flashdisk cara format flashdisk


6. Proses format disk akan berjalan, tunggu sampai selesai!

Proses selesai ditandai dengan munculnya jendela pemberitahuan “Format Complete”.


cara format flashdisk cara format flashdisk


7. Klik OK pada jendela Format Complete


Selain cara diatas ada juga cara quick format. Sebenarnya quick format sudah cukup baik untuk melakukan proses pemformatan disk. Dengan melakukan Quick format ini (bukan dengan cara format standar) akan lebih memperpanjang umur flashdisk kita. Tentunya selain cara diatas, masih ada juga beberapa metode untuk memformat flashdisk karena terkadang ditemukan kasus flashdisk tidak bisa diformat secara biasa. cek postingan kami tentang cara memformat flashdisk yang tidak bisa diformat. Demikian artikel kami tentang cara format flashdisk secara sederhana, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^


 


 



cara format flashdisk

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "cara format flashdisk"

Posting Komentar