Manfaat Mendaki Gunung

Manfaat Mendaki Gunung - Mendaki gunung adalah salah satu hobby yang cukup populer saat ini. Kegiatan mendaki gunung ini  dapat dikategorikan sebagai olahraga ekstrim. Hal ini dikarenakan gunung adalah bukan habitat manusia karena berbagai satwa liar dan flora beraneka ragam telah berkembang biak di sini sebelum kita mendakinya, sehingga butuh persiapan yang matang baik mental maupun fisik sebelum melakukan kegiatan pendakian.


Mendaki gunung tidak sekedar melangkahkan kaki naik sampai puncak dan turun kembali. Jika diumpamakan seperti sepakbola saat kita menjadi pemain untuk berlomba dan bertanding untuk mencetak gol kegawang lawan, banyak penonton mendukung meneriaki kita dengan suara keras bahkan dengan berbagai alat tabuh. Namun beda dengan mendaki gunung, di sini kita di tonton di teriaki di soraki oleh pepohonan liar, binatang buas, udara dingin, jalan menanjak bahkan hujan dan badai. Tidak bisa di tawar kalau mendaki gunung adalah aktivitas yang berat karena membutuhkan fisik dan mental yang tinggi.  Ada juga yang beranggapan kalau mendaki gunung hanyalah sebuah kegiatan rekreasi biasa hingga tak pelak lagi banyak terjadi kecelakaan di gunung hingga meninggal dunia karena menganggap remeh persiapan fisik dan mental juga perbekalan yang seharusnya disiapkan. Tapi tentunya ada banyak manfaat mendaki gunung yang bisa kita peroleh ketika kita melakukan sebuah kegiatn pendakian.


Mendaki gunung adalah berpetualangan di alam bebas sebagai wujud jiwa, mental, fikiran yang di awali dengan perasaan tanda tanya oleh hasil perjalanan pendakian dan berakhir dengan rasa syukur karena sukses dalam pendakian tersebut. Perasaan yang timbul adalah rasa was was dan takut akan bahaya yang di hadapi fisik dan psiologis, tetapi tanpa adanya adanya rasa takut itu, berarti tidak dapat dikatakan tantangan karena berpetualangan berani menghadai tantangan. Dan keberhasilan menghadapi tantangan di butuhkan ketahanan fisik, mental serta psiologis yang stabil, namun semua itu juga memerlukan keterampilan khusus. Slain itu juga membutuhkan biaya, yang di mana biaya juga berperan penting dalam menentukan kelangsungan perjalanan pendakian. Tanpa biaya yang mencukupi pendakian akan terhambat bahkan bisa gagal. Manajemen perjalanan yang tidak lepas dari uang sudah tentu menilik dari isi dompet kantong kita, namun hal ini hanya tercermin mewah dan tidaknya perjalanan kita, mulai dari bentuk transpotasi sampai fasilitas dalam pendakiannya. Jika semuanya sudah terencana dengan matang dan segala sesuatunya yang benar benar kita butuhkan sudah terkemas rapi maka kita berpetualangan akan mendapatkan hal hal yang baru.


manfaat mendaki gunung manfaat mendaki gunung


Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dalam kegiatan satu ini. Beberapa manfaat mendaki gunung adalah :


  • Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan

Sangat banyak manfaat mendaki gunung bagi kesehatan tubuh kita, seperti melatih tulang dan otot, mengatasi obesitas, kolesterol, tekanan darah, osteoporosis, mencegah penyakit jantung, ditambah lagi dengan suguhan udara segar yang tentunya bermanfaat banyak bagi tubuh manusia.


manfaat mendaki gunung manfaat mendaki gunung


 


  • Manfaat Mendaki Gunung Bagi Mental (Melatih Mental)

Motifasi yang sangat tinggi diperlukan untuk dapat mencapai puncak gunung. Kemampuan menahan emosi karena harus banyak berhadapan dengan berbagai rintangan. Berfikir tetap jernih ketika mengalami situasi yang sulit. Arena berjalan di gunung membutuhkan tenaga yang tidak sedikit dengan jalan menanjak bahkan menyusuri tebing tebing curam dan berakibat fisik menjadi lemah maka mental akan menurun. Dengan keadaan seperti ini kita di hadapkan oleh pembelajaran fisik atau jasmani agar sehat dan power untuk cepat tanggap dalam bereaksi. Mempertahankan mental walau dalam keadaan menurun karena di sini kita berhadapan dengan alam sejauh mana kemandirian kita mempertahankan hidup di alam bebas hingga terwujud jiwa patriotisme dan profesinal. Kemudian dapat mengaplikasikan kepada hidup ini bahwasannya ada susah, senang, berhasil bahkan tersandung dan jatuh.


  • Menghilangkan Stress

Manfaat mendaki gunung juga ditemukan pada orang-orang yang sering mengalami stress. Jalur pendakian yang berat, badan yang lelah, membuat kita lupa segala masalah yang kita hadapi di rumah atau di kantor yang membuat stress. Tantangan di gunung bahkan lebih berat dari stress yang harus di hadapi. Sementara itu keheningan Alam memberi ketenangan batin sehingga mampu menghilangkan stress.


  • Melatih Solidaritas dan Kerjasama Tim

Pada umumnya mendaki gunung dengan melibatkan beberapa teman dan di sini sobat di tuntut untuk bisa saling berkerja sama dengan kompak. Dengan adanya kerja sama team yang kompak bisa meminimalis kejadian yang berbahaya (kecelakaan) sesama anggota team.


manfaat mendki gunung manfaat mendaki gunung


 


  • Mengukur Sifat dan Watak

Manfaat mendaki gunung juga bisa untuk menilai sifat dan watak kita rekan-rekan kita atau anggota kelompok kita. Sifat dan watak tiap orang sudah jelas berbeda. Dalam pendakian karakter asli pribadi sobat akan terlihat jelas mana yang manja, pemalas, ceroboh, mementingkan diri sendiri, yang mandiri, tangguh dan lembut. Biasanya tidak disadari oleh tiap individu, kalau watak dan sifatnya sedang ditonjolkan . Dalam perjalanan biasanya satu dua kilometer masih bersama-sama, tapi lambat laun akan muncul pribadi-pribadi lain. Semua karakter asli dalam diri manusia akan terlihat dengan sendirinya karena di gunung kita dihadapkan dengan tekan yang besar dan jelas nyata jauh dari peradaban tidak ada sang penolong selain diri kita sendiri dan teman sesama team. Disini kita harus menyadari bahwa manusia mempunyai kekurangan dan kelemahan tidak perlu sok bila tidak kuat bantu dong yang lemah dan bila kita lebih bantu yang kurang, sehingga kelompok kita akan tetap kokoh. Untuk itulah dalam pendakian sobat di tuntut untuk kerja sama team yang tangguh agar sukses dalam pendakian bersama.


  • Sarana Studi ilmiah

Mendaki gunung tidak hanya mendaki saja, tetapi bisa memberikan sesuatu yang sangat berguna dan sangat kita perlukan yaitu kita manfaatkan untuk studi ilmiah, kita bisa mempelajari segala seatu yang ada dihutan tersebut.


  • Mendapatkan Ide dan Inspirasi

Para seniman sering mendapatkan ide dari Alam. Pendaki Gunung yang tidak mengenal sastra pun, bisa menjadi penyair ulung dalam menggambarkan keindahan alam. Segala Problema hidup kadangkala mendapatkan jalan keluar setelah mendaki gunung.


manfaat mendaki gunung manfaat mendaki gunung untuk memperoleh inspirasi


 


  • Melihat Kebesaran Tuhan

Tuhan menciptakan segala apa yang ada didunia ini bagi kepentingan umatNya, maka kita wajib mensyukuri dan menikmatinya. Untuk melihat kebesaran Tuhan dan merasa dekat denganNYa, berdirilah dipuncak gunung. Kita akan melihat hamparan panorama yang begitu indah. Dengan demikian kita selalu merawat dan memelihara ciptaan Tuhan ini demi keperluan kita sampai anak cucu kelak. Mensyukuri kebesaran Tuhan mendidik kita untuk tidak sombong dan intropeksi diri, maka dengan sendirinya kita akan bisa menjaga kebersihan gunung seperti dengan membawa kembali sampah yang kita bawa turun.


manfaat mendaki Gunung manfaat mendaki gunung


 


Pengalaman masing-masing Individu dalam melakukan Pendakian Gunung mungkin berbeda, namun secara umum manfaat mendaki gunung yang bisa dipetik paling tidak ada delapan hal tersebut diatas, bahkan mungkin buat orang lain bisa lebih dari 8 hal yang sudah disebutkan diatas, tetapi paling tidak, dalam proses kehidupan kita pengalaman mendaki gunung sangat membantu kita membentuk karakter positf buat diri kita sendiri, serta prilaku utama yang menjadi landasan dan pegangan hidup dalam menjalani kehidupan di dunia.


Demikianlah artikel kami kali ini tentang manfaat mendaki gunung yang tentunya diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Baca pula Tips mendaki gunung bagi pemula disini. Salam lestari…!! ^^



Manfaat Mendaki Gunung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Mendaki Gunung"

Posting Komentar