Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula – Jika beberapa hari yang lalu kita membahas mengenai manfaat mendaki gunung, pada artikel kali ini kita akan membahas Tips mendaki gunung bagi pemula. Kegiatan pendakian merupakan kegiatan yang menyenangkan dimana kita bisa melatih fisik dan mental kita, kerjasama, kemampuan manajerial, sambil menikmati panorama yang mungkin selama ini hanya kita lihat difilm-film.


Memang mendaki gunung memiliki banyak risiko jika Anda tidak memiliki persiapan yang matang saat akan melakukan kegiatan yang satu ini. Beberapa risiko sering dialami oleh para pendaki adalah udara dingin yang cukup menusuk, rute jalan yang seringkali tidak bersahabat, cuaca, jalan sesat, dan incaran binatang buas. Oleh karena itu untuk meminimalkan resiko tersebut, pendaki perlu persiapan matang. Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk mendaki gunung jika Anda adalah seorang pemula? Berikut beberapa Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula yang telah kami rangkumkan untuk anda.


Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula


  • Perencanaan pendakian

Tips pertama adalah melakukan perencanaan pendakian dengan matang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang musti dipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait.


  • Persiapkan mental dan fisik

Tidak bisa dipungkiri dalam kegiatan pendakian kadangkala kita harus melewati batas kemampuan fisik kita. Dalam kondisi ini terkadang mental menjadi tertekan sehingga pengendalian diri pun menjadi lebih sulit. Oleh sebab itu mempersiapkan mental dan fisik bisa dikatakan modal dasar sebelum melakukan aktifitas pendakian. Untuk mental, pastikan Anda benar-benar yakin untuk mendaki gunung sehingga tidak ada beban ketika melakukannya. Sedangkan untuk persiapan fisik bisa dengan melakukan jogging jauh-jauh hari agar badan tidak kaget saat pendakian.


tips mendaki gunung bagi pemula - latihan fisik sebelum mendaki tips mendaki gunung bagi pemula – latihan fisik sebelum mendaki


  • Penguasaan medan

Penguasaan medan dan rute merupakan sebuah hal yang sangat penting. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung musti ada lebih dari satu orang yang benar-benar telah menguasai medan dan mengatahui rute dan jalur pendakian. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, tiap-tiap gunung punya jalur pendakian yang berbeda-beda. Kumpulkan Informasi sebanyak mungkin seputar gunung yang akan Anda daki sehingga Anda mampu mengetahui medan yang akan ditempuh nantinya. Di Gunung Kerinci misalnya, mayoritas medan pendakian di sana adalah pasir dan lumpur. Di Gunung Rinjani, Anda harus jalan menanjak dengan medan perjalanan yang hampir 45 derajat. Anda bisa mempelajari lokasi pendakian dari berbagai sumber di internet, bertanya dengan pendaki yang sudah mencobanya. Dengan mengetahui medan perjalanan, Anda dapat mempersiapkan logistik dan stamina dengan tepat.


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula – penguasaan medan


  • Persiapkan perlengkapan  secara efektif tapi tidak memberatkan

Perlengkapan hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Namun beberapa peralatan yang sangat penting diantaranya: tas khusus pendaki/carrier (besarnya disesuaikan dengan lama pendakian), sepatu trekking, jaket, jas hujan, matras, sleeping bag, baju ganti, alat penerangan seperti senter, korek api, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak mini, alat komunikasi, tempat air, dan peralatan survival dan obat-obatan.


Tips dalam memasukkan peralatan dalam carrier hendaknya dengan komposisi barang yang paling berat di posisi atas sedangkan barang yang lebih ringan di bagian bawah. Pengaturan ini berguna agar pada saat carrier digunakan, beban terberat berada di pundak, bukan di pinggang agar kita tidak cepat lelah karena menahan beban yang berat akibat kesalahan packing. Barang-barang bawaan sbelum dimasukkan tas dibungkus dahulu dengan menggunakan kantong plastik. Tips ini untuk mencegah barang menjadi basah (berfungsi sebagai lapisan anti air) atau tercampur dengan peralatan atau pakaian kotor dan basah yang telah dipergunakan.


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula – manajemen carrier


  • Manajemen logistik yang tepat

Siapkan perbekalan makanan secukupnya, sehingga Anda tidak akan kekurangan makanan atau sia-sia membuang makanan yang tidak termakan. makanan yanganda bawa haruslah mudah disiapkan, berbobot ringan, mudah disimpan, bervariasi, sesuai isi kantong, serta memiliki nutrisi yang tepat. Bawalah makanan seperti beras, mie instan, atau kornet yang bisa menjadi menu makan Anda. Biskuit, cokelat dan roti juga baik untuk mengisi tenaga sembari Anda berjalan mendaki. Selain itu bahan makanan yang direkomendasikan untuk dibawa yaitu : Selai kacang atau kacang-kacangan, Keju terutama keju asli seperti edam cheese, Protein bar atau snack bar tinggi lemak dan tidak terlalu tinggi gula (snickers bar, dark chocolate), Cracker, rice cake, biskuit, Dried fruit (buah kering) seperti kismis, kurma, aprikot, kiwi, dan lain-lain, Makanan kaleng yang gampang dibuka tanpa menggunakan alat, seperti tuna kalengan, Madu, Minuman jahe bubuk instan.


tips mendaki gunung bagi pemula - tips mendaki gunung bagi pemula – contoh logistik di pendakian


  •  Kenali kondisi fisik anda

Pahamilah kondisi badan Anda, karena hanya Anda yang mengerti sejauh mana kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu. Jangan memaksakan suatu hal ketika Anda tidak sanggup untuk menyelesaikannya, dalam hal ini adalah mendaki gunung. Hal tersebut sangatlah diperlukan karena dalam mendaki gunung membutuhkan tenaga yang besar dan keyakinan yang kuat.


  • Mulailah mendaki gunung dengan ketinggian rendah

Mendaki gunung bukanlah persoalan mudah. Maka, sebagai pemula kita harus memulainya dari yang paling kecil lebih dahulu. Jadi, untuk kedepannya kita akan lebih mengerti medan yang akan kita tempuh.


  • Memperoleh izin dan melapor ke pos pendakian

Biasanya, beberapa gunung memiliki tempat perizinan yang mengharuskan para pendaki mengisi data diri dan lama perjanan. Jangan acuhkan tempat tersebut, karena para petugas di sanalah yang nantinya akan membantu Anda. Beberapa gunung yang populer dan mengharuskan prndakinya untuk membuat izin mendaki adalah, Gunung Kerinci, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Argopuro, dan Gunung Semeru. Jika Anda tidak turun gunung pada hari yang sudah ditulis, para petugas setempat akan sigap mencari Anda. Mereka akan menyisiri gunung untuk menemukan Anda.


  • Berdoa dan bertindak sopan

Biasakan, untuk berdoa terlebih dulu sebelum memulai pendakian gunung. Mintalah bantuan dan pertolongan kepada Tuhan agar menjaga Anda selama perjalanan. Saat mendaki, ingatkan diri sendiri dan sesama teman untuk tetap bertindak sopan. Usahakanlah satu tim Anda untuk tidak terlalu bertingkah berlebihan atau berbicara yang kasar. Selain itu kita juga harus menaati peraturan yang berlaku dikawasan pendakian. Jangan pernah sekalipun menyepelekan pantangan. Sedikit saja kita berulah ketika mendaki gunung, maka kita akan menerima akibatnya. Banyak pantangan ketika kita akan mendaki gunung, jika melanggarnya maka akan berujung pada petaka.


  • Tidak merusak alam

Menikmati keindahan alam tanpa merusak atau menyakiti alam tentu akan semakin indah. Karena itu selama pendakian hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keindahan dan keseimbangan alam seperti melakukan aksi coret-coret (vandalisme), menebang tumbuhan sembarangan, menangkap hewan, memetik bunga (seperti edelweiss), maupun membuang sampak non-organik. Sampah, terutama sampah plastik yang dihasilkan selama pendakian hendaknya dikumpulkan dalam kantong plastik dan dibawa turun gunung dan dibuang di tempat sampah di pos pendakian. Tips ini sesuai dengan semboyan yang biasanya dipegang oleh pencinta alam:  jangan pernah meninggalkan apapun di gunung kecuali tapak kaki dan kenangan. Jika selesai menyalakan api unggun, matikan hingga betul-betul padam termasuk bara apinya dengan menyiram air atau menutupnya dengan tanah. Juga ketika membuang putung rokok, matikan dulu bara apinya. Ini untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan.


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula – Vandalisme yang dilakukan tangan-tangan jahil tidak perperasaan


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula – tumpukan sampah di ranu kumbolo


 


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula


Dengan melakukan tips-tips mendaki gunung bagi pemula di atas, pendakian yang dilakukan meskipun oleh pemula dapat terlaksana sesuai harapan dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat ataupun terkena hipotermia. Karena pada prinsipnya, sebuah pendakian gunung bukanlah sekedar untuk mencapai puncak gunung belaka, namun juga musti mampu kembali pulang. Hal lain yang perlu kita ingat dalam melakukan pendakian adalah 3 prinsip yaitu “Take nothing but picture, leave nothing but footprint, kill nothing but time” (Tidak mengambil sesuatu kecuali foto, tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki, tidak membunuh sesuatu kecuali waktu). Ini adalah prinsip agar pendaki gunung selalu menjaga keharmonisan dan kelestarian alam. Demikianlah Artikel kali ini mengenai Tips mendaki gunung bagi pemula. Baca pula artikel mengenai manfaat mendaki gunung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Salam Lestari…!! ^^


 


 



Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula"