10 Tips Cara Mengendalikan Emosi

10 Tips Cara Mengendalikan Emosi - Emosi adalah suatu gejala psiko-fiologis yang menimbulkan efek pada persepsi, sikap dan tingkah laku, kita yang menyebabkan kita mengekspresikan sesuatu kedalam bentuk ekspresi tertentu. Emosi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak awal, kemudian diwariskan secara genetis, dan terus diperkaya oleh pengalaman-pengalaman dalam interaksinya dengan lingkungan.


cara mengendalikan emosi cara mengendalikan emosi


Macam-macam Emosi


Kebanyakan orang di Indonesia mengidentikan emosi dengan marah. Tentu saja kita tahu kalau emosi tidak sebatas amarah saja. Sebelum kita membahas bagaimana cara mengendalikan emosi, ada baiknya untuk mengenal macam-macam emosi terlebih dahulu. Ada beberapa macam emosi diantaranya :


1)   Rasa Cinta

Rasa cinta adalah salah satu gejolak emosi yang penting dalam kehidupan manusia. Rasa cinta juga mengikat perasaan seseorang dengan keluarga, masyarakat, dan tanah airnya. Cinta dapat melahirkan motivasi untuk berkorban membela keluarga, masyarakat, atau tanah airnya, baik secara material maupun spiritual.


2)   Rasa Takut

Rasa takut merupakan salah satu emosi yang signifikan dalam kehidupan manusia. Rasa takut juga merupakan salah satu emosi yang bersifat alamiah. Orang akan merasakan takut ketika dihadapkan pada situasi genting, apalagi dapat menyebabkan rasa sakit atau bahagia, atau ketika dirinya terancam bahaya dan kematian. Dengan demikian, maka rasa takut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Disamping dapat menjauhkannya dari terjebak pada situasi yang berbahaya, juga akan melahirkan inisiatif yang dapat melindungi atau menjaga sebelum bahaya menimpanya.


3)   Rasa Marah

Rasa marah merupakan salah satu emosi alamiah yang muncul ketika salah satu motivasi yang mendasar tidak terpenuhi karena ada hambatan tertentu.


4)   Rasa Benci

Rasa benci merupakan lawan dari emosi cinta. Manusia mencintai sesuatu yang menyenangkan dan mendatangkan kenikmatan dan kebahagiaan. Sebaliknya, manusia membenci sesuatu yang membahayakan, menyakiti dan sesuatu yang mendatangkan kesedihan.


5)   Rasa Dengki

Rasa dengki merupakan salah satu emosi yang melekat dalam diri kebanyakan manusia. Menurut Ibnu Tamimiyah, kecintaan seseorang terhadap kenikmatan seperti yang diperoleh orang lain tanpa berharap nikmat orang lain musnah disebut dengki.


6)   Rasa Cemburu

Rasa cemburu merupakan suatu emosi yang menggelisahkan. Emosi ini biasanya muncul ketika seseorang merasa ada orang lain menyaingi dirinya dalam mencintai seseorang.


7)   Rasa malu

Rasa malu merupakan suatu kondisi emosional ketika seseorang merasa takut dan menyesal karena melakukan suatu perbuatan tercela dan buruk. Rasa malu merupakan sikap terpuji, sebab rasa malu dapat mencegah seseorang terperosok ke dalam jurang kesalahan, melakukan perbuatan buruk, serta perbuatan maksiat dan dosa.


Emosi yang berlebihan entah itu senang, marah, sedih, dan sebagainya tentunya tidak baik jika diekspresikan secara berlebihan. Dengan emosi berlebih, maka penilaian kita akan menjadi kabur dan cenderung subjektif karena logika yang harusnya digunakan menjadi terkontaminasi oleh perasaan pribadi. Demikian pula saat melakukan pengambilan keputusan.


Sebagai manusia kita seharusnya bisa mengetahui cara untuk mengendalikan emosi. Ada banyak metode yang bisa anda gunakan untuk mengontrol emosi.  Mulai cara-cara alami dan sederhana, hingga menggunakan obat-obatan tertentu.  Yang jelas, emosi memang harus selalu dikendalikan, apalagi dalam situasi yang menuntut anda untuk bersikap secara profesional. Berikut Tips Cara Mengendalikan Emosi yang perlu anda ketahui


tips cara mengendalikan emosi tips cara mengendalikan emosi


10 Tips Cara Mengendalikan Emosi


1. Menghitung 1 sampai 10

Cara mengendalikan emosi yang pertama ini terkesan kekanak-kanakan namun efektif jika dilakukan. Sebelum bereaksi atas situasi yang emosional, ambil napas dalam-dalam sambil berhitung sampai 10. Bersikap tenang bisa menurunkan emosi Anda. bisa juga dengan menyebut nama binatang yang anda ketahui, atau mengingat cerita cerita lucu. Intinya alihkan pikiran anda.


2. Menjauh

Cara ini sebenarnya sangat logis dan masuk akal.  Ketika emosi memuncak, jauhkanlah diri anda dari sumber emosi tersebut.  Bahkan jika kondisi benar-benar mendesak, berusahalah untuk mencari waktu barang 5 menit untuk keluar dari situasi yang menjadi sumber meningginya emosi anda.  Temukan ruang yang tenang sekedar untuk “bernafas”, tenangkan diri anda di sana sampai anda merasa lebih siap untuk menghadapi lagi permasalahan tersebut.


3. Menarik nafas dalam

Menarik nafas panjang merupakan salah satu cara untuk mengendalkan emosi kita. Dengan menarik nafas,anda mengisi tubuh anda dengan oksigen. Sirkulasi darah menjadi lancar, rongga dada yang tadinya sesak menjadi lapang, suplay oksigen ke otak meningkat, dan anda bisa bisa berpikir lebih jernih.


4. Meditasi

setelah menemukan ruangan yang tenang, cari posisi duduk yang nyaman, bernafaslah dengan pelan, dan fokus pada satu titik tertentu.  Pejamkan mata anda, dan mulailah untuk bermeditasi selama 5-15 menit.  Hal ini sangat berguna untuk membantu anda mengurangi kadar emosi yang menggelegak di kepala.


5. Mencuci muka/Berwudhu

Terbukti mencuci muka bisa menetralisir emosi berlebihan terutama amarah. Air bisa mendinginkan kepala dan hati yang panas. Terutama buat yang muslim tentunya lebih baik anda berwudhu sekalian.


6. Diam

Bila emosi meningkat, maka kecerdasan menurun, bahkan hilang sama sekali. Hindarilah berbuat sesuatu apa bila kondisi hati sudah tidak merasa nyaman. Sering-sering olah nafas, sehingga otak kita bisa menerima energi positif dari lingkungan.


7. instrospeksi

Cobalah untuk mengenang berbagai hal di masa lalu.  Ingat-ingatlah saat di mana anda harus mengambil keputusan penting, apa alasan anda mengambil keputusan tersebut, dan bagaimana keputusan tersebut bisa membawa anda ke situasi saat ini.  Ketika melakukan kilas balik, cobalah untuk mengingat lagi mimpi-mimpi, impian, dan prinsip yang anda pegang teguh.  Hal-hal ini akan membuat anda lebih termotivasi dan lebih mudah dalam mengontrol emosi


8. Membaca

Membaca bisa menjadi sebuah cara mengendalikan emosi yang efektif.  Bacalah buku-buku yang bisa menenangkan diri anda atau membuat anda melupakan permasalahan yang sedang anda hadapi.  Buku tersebut bisa berupa komik, kisah komedi, atau buku-buku motivasi yang membuat anda bisa berpikir lebih tenang.  Selain itu dengan membaca otak anda akan lebih mudah untuk menyusun sudut pandang baru dalam melihat masalah yang saat ini sedang anda hadapi.


9. Curhat

Jangan memendam emosi yang meluap-luap sendirian.  Cobalah untuk menceritakan masalah yang anda hadapi pada orang-orang terdekat yang anda percayai.  Walaupun mungkin mereka tidak bisa memberikan solusi, setidaknya beban berat yang anda pikul akan terasa lebih ringan jika diceritakan pada orang lain.  Jika perlu, gunakan jasa psikolog atau psikiater untuk membantu anda memberi solusi dan terapi dari sudut pandang profesional.


10. Move on

Cara mengendalikan emosi yang terakhir adalah dengan move on dari masalah yang dihadapi. Cobalah untuk belajar membiarkan hal-hal tertentu lepas dari hidup anda.  Hal-hal yang bisa menimbulkan emosi anda, seperti rasa marah, sedih dan cemas akan makin menjadi masalah apabila anda terus memikirkannya.  Hal-hal tersebut juga sebenarnya bisa pergi dari hidup anda dengan mudah, namun anda sendirilah yang justru tidak rela untuk membiarkannya pergi dari pikiran anda dan terus-terusan memikirkannya.  Oleh karena itu, ikhlaskanlah.  Biarkanlah yang lalu menjadi masa lalu, dan fokuskan diri anda untuk menghadapi masa depan.


Itulah tadi 10 Tips Cara Mengendalikan Emosi yang telah kami rangkumkan untuk anda. Tentunya pengendalian diri dari emosi berlebih merupakan suatu modal bagi manusia untuk mencapai kesukesan dalam hidup. Demikian artikel kali ini mengenai . Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^


 



10 Tips Cara Mengendalikan Emosi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Tips Cara Mengendalikan Emosi"

Posting Komentar