Tips Memilih Tas Carrier

Tips Memilih Tas Carrier – Tas Carrier atau biasa disebut Karel/Kerel merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam kegiatan pendakian ataupun traveling (Backpacking), karena dengan carrier tersebut seluruh perlengkapan yang akan anda pergunakan akan anda bawa. Oleh sebab itu, sebuah tas carrier haruslah nyaman untuk dipakai, bukan malah nantinya menjadikan beban kita yang tak semestinya, dan dapat secara efektif dan efisien menampung segala kebutuhan atau perlengkapan yang anda butuhkan selama berkegiatan.


Saat ini, di pasaran sudah sangat banyak di jual aneka macam tas carrier untuk kegiatan outdoor, dengan tipe, merk dan harga yang beraneka ragam, tapi tentunya tak semua pas dengan kondisi kita nantinya selama dalam kegiatan. Lalu apa-apa saja hal yang perlu kita perhatikan sebelum meutuskan untuk membeli carrier? Berikut beberapa Tips Memilih Tas Carrier yang tepat untuk anda.


Tips Memilih Tas Carrier


1.  Kapasitas Tas Carrier


Kapasitas Carrier mengacu kepada berapa banyak barang bawaan yang bisa dimasukin ke dalam tas tersebut itu, diukur dengan satuan liter.  Kira-kira berapa liter tas carrier yang cocok untuk anda? Itu tergantung kepada berapa lama aktifitas kegiatan yang akan anda lakukan. Pilihlah ukuran tas carrier sesuai dengan kebutuhan anda.  Untuk perjalanan sehari tentu berbeda ukurannya ketika kita akan melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga berhari-hari. Untuk perjalanan singkat selama satu hari atau ultralight hiking  ke hutan atau gunung, bawalah tas carrier berukuran 30-40 liter.  Untuk pendakian atau perjalanan yang mengharuskan anda menginap satu malam, ukuran 50-55 liter akan lebih baik, karena anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak. Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari ukuran 65 liter keatas merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan anda bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya


tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier – sesuaikan kapasitas carrier dengan kebutuhan


2. Kenyaman Tas Carrier


Kenyamanan merupakan faktor nomor satu dalam pemilihan tas carrier anda. Jika diperbandingkan antara Harga, Merk, kekuatan, kualitas, atapun Kapasitasnya, Kenyamanan dari carrier tetap menjadi pilihan nomor satu.Cara paling baik untuk memilihnya adalah dengan mencoba memasukkan beban seberat kapasitas maksimumnya kedalam carrier yang akan dibeli. Lalu coba untuk memakai tas carrier itu sambil berjalan disekitar toko. Hal ini untuk memastikan carrier nyaman dan cocok dengan bentuk tubuh kita.


tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier – sistem suspensi untuk kenyamanan


3.  Fitur Tas Carrier


Saat ini sudah banyak tersedia carrier dengan beragam fitur yang menarik. Fitur-fitur utama yang perlu diperhatikan saat membeli tas carrier diantaranya :


  • Tali pinggang – Tali pinggang merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan tingkat kenyamanan anda saat menggendong tas carrier. Pilihlah tas yang mempunyai tali pinggang dengan bantalan empuk dan tidak gampang turun dari pinggang. Untuk tas carrier khusus wanita, memiliki sabuk pinggul yang rendah, sehingga pinggul dapat membantu punggung menopang berat ransel.

tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier


 


  • Tali bahu (tali penyeimbang) – Tali penyeimbang disamping berfungsi untuk mengatur tegangan antara tali pinggang dan punggung tas carrier saat anda menggendongnya, juga untuk mengatur kestabilannya saat anda berjalan. Bantalan bahu harus empuk dan terdapat webbing pengatur yang dihubungkan dengan bagian atas carrier. Bantalan bahu tersebut juga idealnya berbentuk kurva melengkung agar kenyamanan dan posisi jatuh di bahu juga enak, terutama untuk wanita. Bahan bantalan bahu juga harus lembut di kulit maupun pakaian anda.

  • Bantalan pinggang – Berfungsi untuk mengurangi gesekan pada daerah pinggang.

tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier – lumbar pad


  • Tali dada – Berfungsi untuk  menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya, dan juga membantu sebagai penyeimbang tas. Untuk carrier wanita biasanya letaknya lebih dekat kebahu daripada carrier pria.

  • Bantalan punggung – Bantalan pungung adalah titik utama sentuhan antara tas carrier dan punggung anda, oleh karenanya harus nyaman dan mudah untuk diatur. Pilih yang mempunyai mempunyai bantalan di lumbar dan scapula. Bantalan punggung ini juga harus mempunyai rongga udara di bagian punggung. Bahan bantalan punggung ini juga harus cepat kering dan memberi ruang untuk sirkulasi udara. Pada umumnya hampir semua carrier dapat diatur panjang punggung ransel sesuai dengan panjang punggung pemakai, dengan cara menaikturunkan pengatur yang terbuat dari aluminum, plastik atau webbing.

  • Pengaturan torso punggung -  Pada umumnya carrier dengan merk terkenal sudah dilengkapi dengan pengatur punggung. Kita dapat mengatur panjang punggung ransel sesuai dengan panjang punggung pemakai, Dengan fitur ini, tak hanya anda yang dapat menggunakan tas carrier tersebut, tetapi juga anggota keluarga atau teman-teman anda. Di samping itu, anda tetap dapat memendekkan punggungan itu tanpa merubah kapasitas tas. Hanya saja pada Carrier yang bisa disetel biasanya mempunyai berat yang lebih dibanding tas carrier yang mempunyai punggungan yang tetap.

tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier


  • Kantong samping – Tidak setiap tas carrier dilengkapi dengan kantong samping. Adapula yang kantong sampingnya merupakan tambahan dan dapat dibongkar pasang. Untuk kegiatan panjat tebing atau naik gunung yang berlereng terjal, tas carrier tanpa kantong samping merupakan pilihan yang terbaik. Namun saat anda pergi trekking di gunung atau hutan dan membutuhkan tempat untuk pernak-pernik anda seperti botol air minum, atau botol bahan bakar, kantong samping akan sangat bermanfaat.

  • Kantong Atas – Kantong atas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang paling sering digunakan, seperti kaos tangan, makanan kecil, topi dan lain-lain.

  • Rangka dalam – Tidak seperti rangka luar, rangka dalam sebuah tas carrier mempunyai fungsi yang lebih baik karena lebih ramping dan makin mendekatkan tas tersebut dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan. Pada umumnya rangka dalam ini dibuat dengan alumunium ataupun lembaran plastik yang ringan.

  • Ruang dasar – Ketika carrier anda dibagi menjadi dua ruang, pemisah ruang tersebut bisa saja tetap atau dapat di buka. Namun yang jelas masing-masing akan mempunyai pintu tersendiri. Ruang bawah itu biasanya untuk menempatkan barang yang ringan tetapi mempunyai volume yang besar misalnya Sleeping bag.

  • Lid – Sebagian besar tas carrier juga dilengkapi dengan penutup ruang utama yang dapat berfungsi pula sebagai penambah ruang isi ransel, di mana di bagian atasnya dilengkapi pula dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan gesper di bagian belakang ransel.

  • Waterproof – Anda tidak akan pernah tahu kondisi cuaca yang sewaktu – waktu berubah menjadi hujan. Untuk lebih amannya, pilihlah tas dengan bahan waterproof ( anti air ). Jadi Anda tidak perlu takut baju atau barang didalam tas ransel basah terkena air hujan. Selain anti air, pastikan bahan pembuatnya juga cepat kering sehingga tas tidak akan bau.

tips memilih tas carrier tips memilih tas carrier – fitur -fitur pada tas carrier


Demikianlah beberapa Tips memilih tas carrier yang tepat untuk anda. Semoga postingan ini bisa menjadi tambahan referensi bagi anda yang sedang berencana untuk membeli tas carrier. Jangan lupa untuk membaca postingan kami mengenai Teknik packing Carrier yang tepat. Salam…!! ^^


 


 


 


 


 



Tips Memilih Tas Carrier

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Memilih Tas Carrier"

  1. Terkadang saya bingung, hapir semua tas carriel yang bagus itu harganya juga bagus, adakah tas carriel yang harganya murah kualitas bagus?

    BalasHapus