Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan – Di dunia ini ada hampir 1300 jenis jeruk yang telah diketahui. Namun dari jumlah sebanyak itu, jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki banyak manfaatnya bagi manusia. Manfaat jeruk nipis ini terutama dari kesehatan dan kecantikan. Dari segi kesehatan, jeruk nipis merupakan buah berkhasiat yang kerapkali digunakan dalam ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Diantaranya radang tenggorokan, masalah buang air kecil, batuk, amandel, sembelit dan masih banyak lagi. Sebagai bahan herbal alami jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan batuk, dahak, serta membantu proses pencernaan.


Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan


Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan


1. Ambeien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.


2. Amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.


3.  Batuk

Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.


4. Bau Badan

Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.


5. Batu Ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.


6. Difteri

Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.


7. Demam atau Flu

Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.


8. Mencegah Rambut Rontok atau Berketombe

Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.


manfaat jeruk nipis bagi kesehatan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan


9. Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.


10. Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.


11. Radang Tenggorokan

Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.


12. Sakit Gigi

Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.


13.  Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.


manfaat jeruk nipis bagi kesehatan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan


Demikianlah Khasiat dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^



Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan"

Posting Komentar