Tips membeli hewan kurban

Tips Membeli Hewan Kurban – Idul Adha adalah salah satu hari raya umat muslim yang sangat dinantikan. Hari dimana kita saling berbagi daging yang dikurbankan dengan saudara-saudara kita yang kurang mampu tentunya mempunyai nilai spiritual tersendiri selain untuk memperat tali silaturahmi antar sesama umat islam. Mungkin diantara pembaca sekalian ada yang baru berkurban tahun ini? Tentunya dalam memilih hewan kurban baik itu sapi, kambing ataupun domba kita harus selektif agar hewan yang dikurbankan benar-benar layak. Jika ingin lebih praktis tentunya bisa menitip dan mempercayakan sepenuhnya pada panitia kurban di mesjid-mesjid. Tapi jika ingin membeli sendiri tidak ada salahnya belajar memilih kurban yang baik. Berikut tips membeli hewan kurban :


tips membeli hewan kurban tips membeli hewan kurban


Tips Membeli Hewan Kurban


1. Mengajak Orang Yang Mengerti Hewan

Mengajak Orang Yang Mengerti Hewan yang bisa sangat bermanfaat untuk anda membeli hewan qurban, karna dia tau persis kondisi hewan tersebut, seperti umur, kesehatan, dan sebagainya. Lebih baik juga jika ditemani petugas dari dinas kesehatan hewan.


2. Umur Hewan

Rasulullah bersabda,”Janganlah kalian menyembelih (qurban) kecuali
musinnah. Kecuali apabila itu menyulitkan bagi kalian,maka kalian boleh
menyembelih domba jadza’ah” (Muttafaq’alaih)


Musinnah adalah hewan ternak yang telah dewasa, berikut rinciannya:

1. Onta 5 tahun

2. Sapi 2 tahun

3. Kambing Jawa 1 tahun

4. Domba/wedhus gembel 6 bulan (domba Jadza’ah)


Cara penentuan umur bisa dilihat dari jumlah gigi yang sudah berganti dari

gigi susu ke gigi tetap. Tidak terlalu susah membedakannya karena keduanya

sangat berbeda. Gigi susu kecil-kecil dan gigi tetap lebih besar, selain itu

warna gigi susu putih dan gigi tetap berwarna kekuningan. Orang Jawa

menyebut pergantian gigi ini, sudah poel. Perkiraan umur untuk

sepasang gigi pada sapi yang telah berganti, umur sapi sekitar dua tahun,

untuk kambing atau domba sekitar berumur sekitar satu tahun.


3. Hewan Sehat

Harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan atau petugas perternakan yang menangani kesehatan hewan.

Ciri-ciri hewan sehat secara umum :

- Lubang kumlah (mulut mata, hidung, telinga, anus ) bersih dan normal.

- Mata jernih, cermin hidung tidak basah dan tidak kering. Bulu mengkilat, – turgor (elastisitas), kulit baik (hewan yang tidak kekurangan cairan di dalam tubuh).


tips membeli hewan kurban tips membeli hewan kurban


4. Hewan Tidak Cacat

Pastikan hewan yang akan anda gunakan sebagai hewan kurban adalah yang sempurna dan tidak mengalami cacat.

Cacat pada hewan qurban dibagi tiga:


  • Yang pertama cacat yang menyebabkan tidak sah untuk qurban:

    -Buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya

    -Sakit dan tampak sekali sakitnya

    -Pincang dan jelas sekali kepincangannya, artinya tidak bisa berjalan normal,

    akan tetapi kalau baru kelihatan pincang dan masih bisa berjalan dengan baik

    boleh untuk qurban

    -Sangat tua, sampai tidak punya sumsum tulang

  • Yang kedua cacat yang menyebabkan makruh untuk berqurban:

    -Sebagian atau keseluruhan telinganya terpotong

    -Tanduknya pecah atau patah

  • Yang ketiga cacat yang tidak berpengaruh pada hewan qurban,artinya boleh

    dijadikan qurban tapi kurang sempurna. Selain 6 jenis cacat seperti yang diatas

    atau yang lebih parah daripada itu tidak berpengaruh pada hewan qurban,

    seperti tidak bergigi(ompong),tidak berekor atau berhidung.

5. Perhatikan Tingkah Laku Hewan

Tips Membeli Hewan Kurban selanjutnya yaitu dengan memperhatikan tingkah laku hewan yang sehat gesit, enerjik dan tidak loyo. Jangan memilih hewan qurban yang menyendiri, tidak bersemangat dan terlihat lesu karena itu menandakan gejala hewan tersebut tidak sehat atau sakit. Perhatikan pula cara makan hewan. Apabila hewan qurban menunjukkan nafsu makan yang lahap itu pertanda bahwa hewan tersebut baik. Sedangkan hewan yang terlihat tidak nafsu makan maka ada kemungkinan hewan tersebut sedang mengalami gangguan kesehatan.


6.perhatikan keadaan hidung, mata, dan anus

Perhatikan mata hewan yang akan anda beli, usahakan membeli hewan yang matanya bersih –tidak belekan-. Bagian dalam kelopak mata hewan yang sehat berwarna pink, hindari membeli hewan yang bagian dalam kelopaknya pucat atau berwarna kuning. Hidung hewan yang sehat sedikit basah tetapi tidak becek. Jika anda menemui hewan yang terlihat sperti pilek –keluar cairan dari hidungnya secara berlebihan- dan bersin-bersin kemungkinan hewan tersebut tidak dalam kondisi yang prima. Apabila anda melihat darah pada lubang hidung atau mulut maka sebaiknya anda menghubungi petugas dokter hewan atau petugas yang petugas kesehatan hewan. Yang terahkir yang perlu diperhatikan adalah keadaan anus hewan. Apabila disekitar anus hewan terlihat kotor berarti ada indikasi hean tersebut mengalami diare. Untuk memastikan hal ini anda bisa melihat kotoran hewan yang ada disekitar hewan tersebut. Jika terlihat ada kotoran yang encer berarti benar hewan tersebut mengalami diare dan sebaiknya anda menghindari hal tersebut


tips membeli hewan kurban tips membeli hewan kurban


Sehatnya seekor ternak dapat dicirikan dari bulunya yang tampak mengilat dan bersih. Bulu tersebut tidak berdiri dan kusam. Matanya bersinar (jernih). Ternak yang sehat sangat mudah dilihat dari cara makan dan minumnya. Bentuk tubuhnya harus standar. Pengertian standar, untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh ideal yang dimaksud, misalnya, kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang. Apabila mulutnya basah sekali, sehingga air liurnya banyak keluar, atau tampak di mulutnya terdapat bintil-bintil berwarna merah, tentu hewan tersebut harus diwaspadai, mungkin mengidap penyakit.


Demikan beberapa Tips Membeli Hewan Kurban. Adapun hewan Kurban yang Paling Diutamakan, yang memiliki fisik ataupun sifat sempurna seperti : gemuk, dagingnya banyak, bentuk fisiknya sempurna, bentuknya bagus, harganya mahal. Hewan kurban yang Dimakruhkan : Telinga dan ekornya putus atau sobek, bisa dikatakan memanjang atau melebar, pantat dan susu hewan putus, penyakit Gila, kehilangan gigi ( ompong ), tidak bertanduk ataupun tanduknya patah. Cukup sekian artikel kali ini. Semoga tips membeli hewan kurban ini bisa memberi manfaat bagi pembaca sekalian yang ingin berkurban di tahun ini. Salam..!! ^^


tips membeli hewan kurban tips membeli hewan kurban


.



Tips membeli hewan kurban

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips membeli hewan kurban"

Posting Komentar