Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Kata pengantar adalah rangkaian atau untaian  kalimat yang disusun untuk memberikan ucapan rasa syukur, permohonan maaf, dan permintaan kritik atau saran dari penulis terhadap karya ilmiah yang telah dibuatnya. Sebuah kata pengantar yang baik tentunya akan menambah kualitas dari karya ilmiah itu sendiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa kata pengantar merupakan salah satu komponen penting dalam suatu karya ilmiah baik itu berupa makalah, skripsi, maupun karya tulis ilmiah lainnya. Kata pengantar selalu disisipkan dibagian awal sebelum pada topik pembahasan dengan tujuan untuk membantu pembaca mengetahui topik dari pembahasan yang dikerjakan dalam karya ilmiah tersebut serta meyakinkan pembaca untuk membaca lebih lanjut. Bukan hanya itu, kata pengantar berperan penting dalam sebuah karya tulis, karena seseorang yang akan membaca karya tulis tersebut dapat menilai karya yang anda kerjakan dalam membuat kata pengantar yang baik atau tidak.


contoh kata pengantar contoh kata pengantar


Komponen dalam kata pengantar


Beberapa Poin yang perlu ada dalam pembuatan kata pengantar diantaranya adalah :


  • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,

  • Penjelasan adanya tugas penulisan karya ilmiah,

  • Penjelasan pelaksanaan penulisan karya ilmiah,

  • Penjelasan adanya bantuan, bimbingan, dan arahan dari seseorang, sekelompok orang, atau organisasi atau lembaga,

  • Ucapan terima kasih kepada seseorang atau lembaga yang membantu,

  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan,

  • Harapan penulis atas karangan tersebut, dan

  • Manfaat bagi pembaca serta kesediaan menerima kritik dan saran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kata pengantar


Karena kata pengantar dibuat dengan tujuan agar menarik rasa ingin tahu pembaca untuk membaca lebih dalam maka beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kata pengantar adalah :


  1. Jelaskan mengapa Anda tertarik pada topik yang anda angkat. Berikan sebuah anekdot pribadi, misalnya, jelaskan bahwa Anda punya guru di masa kecil yang tertarik Anda dalam topik ini, atau cerita tentang teman anda yang memotivasi anda untuk terjun lebh dalam ke topik yang anda angkat. Jadikan ini satu atau dua paragraf panjang saja.

  2. Jelaskan mengapa topik ini penting bagi Anda dan mengapa itu harus penting bagi pembaca. Jelaskan secara spesifik tentang topik anda, lalu pastikan untuk menyertakan apa yang membuat tulisan Anda atau subjek Anda yang unik, terutama jika banyak esai telah ditulis tentang subjek yang Anda pilih saat ini.

  3. Berikan contoh mengenai yang telah menulis tentang topik serupa dengan yang Anda pilih. Contoh-contoh ini sering disebut “referensi sekunder.” Dalam kasus pembaca tertarik pada topik Anda, ini akan membantu mereka untuk mengetahui ke mana harus pergi untuk mencari buku-buku sejenis, artikel atau esai sebagai sumber referensi lainnya. Jumlah paragraf Anda akan perlu untuk menulis untuk langkah ini tergantung pada berapa banyak referensi sekunder yang Anda ingin daftar. Tergantung pada seberapa banyak penelitian yang Anda ingin bahas, bagian ini dapat sesingkat satu paragraf, tetapi bisa lebih lama jika topik Anda memiliki sejarah panjang.

  4. Ucapan terima kasih kepada orang orang yang Anda kenal yang membantu Anda di sepanjang pembuatan karya tulis ilmiah anda. Kata pengantar sering kali berisi daftar teman dan rekan penulis yang ingin diucapkan terima kasih yang membantunya dengan selama proses penulisan. Lakukan ini pada akhir pengantar Anda cukup dalam satu atau dua paragraf terakhir.

Selanjutnya beberapa Contoh kata pengantar yang bisa dijadikan referensi bagi para pembaca :


Contoh kata pengantar Jurnal bahasa inggris


Contoh kata pengantar Jurnal bahasa inggris : download di sini


Contoh kata pengantar Tugas makalah PKN


Contoh kata pengantar Tugas makalah PKN : download di sini


Contoh kata pengantar Skripsi


Contoh kata pengantar Skripsi : download di sini


Contoh kata pengantar Tesis


Contoh kata pengantar Tesis : download di sini


Contoh kata pengantar Referat


Contoh kata pengantar referat : download di sini


Contoh kata pengantar makalah beragam tema


Contoh kata pengantar beragam tema : download di sini


 


Tentunya beberapa contoh kata pengantar di atas hanya berupa referensi singkat untuk membantu anda membuat kata pengantar di karya ilmiah anda. Demikianlah Artikel kali ini mengenai Contoh kata pengantar. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Salam…!! ^^


 



Contoh Kata Pengantar

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Kata Pengantar"

Posting Komentar