Tips Membeli Sepatu Gunung

Tips Membeli Sepatu Gunung – Apakah Anda seorang pendaki gunung atau pecinta alam? Tentu bagi Anda yang hobi naik gunung perlengkapan utama menjadi salah satu bagian penting dalam pendakian. Salah satunya adalah sepatu gunung. Dalam proses pendakian pasti faktor “safety” atau keamanan sangatlah penting. Selain pakaian, sepatu menjadi alat vital bagi seorang pendaki gunung untuk medan yang tidak ringan.


Kegiatan utama dalam bertualang dan berwisata adalah berjalan. Ini berarti untuk bisa berjalan-jalan dan menikmati setiap sudut keindahan tempat yang kita kunjungi dengan aman dan nyaman, perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan.Treking, Hiking, Camping, mendaki ke gunung, jalan-jalan, ataupun petualangan alam bebas. Kegiatan ini menempatkan KAKI menjadi bagian penting untuk dijaga. Perlindungan yang aman untuk kaki menjadikan perjalanan pendakian bisa dilewati dengan nyaman. Kaki harus terlindung dari kemungkinan terluka karena duri, batu, paku dan benda tajam lainya yang terdapat di sepanjang perjalanan.


Bagi anda yang saat ini sedang berencana untuk membeli sepatu gunung untuk persiapan kegiatan outdoor anda, tentunya perlu diperhatikan beberapa hal agar dalam membeli sepatu gunung. Berikut beberapa Tips Membeli Sepatu Gunung yang telah kami rangkumkan untuk anda :


Tips Membeli Sepatu Gunung


  • Medan yang akan ditempuh. Hiking apa yang akan dilakukan? pendakian melalui trekking, hiking alam liar, melalui jalur berpasir kah, berbatu, lumpur, atau sungai dan lain sebagainya.

  • Bahan sepatu. Pertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari sepatu yang berbahan kanvas dengan kulit atau kulit keseluruhan. Sepatu berbahan full kulit merupakan pilihan yang tepat, lebih tahan air dan bernafas, serta akan memberikan perlindungan dan daya tahan yang lebih kuat di medan yang berat tetapi dari segi harga pasti jauh lebih mahal.

  • Bobot sepatu. Teknologi sudah maju, cari sepatu hiking dengan bobot yang ringan tapi tetap memberikan perlindungan maksimal pada kaki.

tips membeli sepatu gunung tips membeli sepatu gunung – bobot sepatu yang ringan


  • Tipe Sepatu. Menurut bentuknya sepatu gunung terbagi atas tiga jenis yaitu High Cut yang  memiliki leher sepatu tinggi hingga jauh menutupi mata kaki, Mid Cut yang menutupi mata kaki, dan Low Cut yang tidak menutupi mata kaki. Dalam sudut pandang safety High Cut memiliki keunggulan karena melindungi kaki secara menyeluruh tetapi juga memili kekurangan yang itu bobotnya yang relatif berat dan kurang begitu nyaman digunakan. Sedangkan Low Cut ringan dan nyaman digunakan karena fleksibel (engkel bebas bergerak) tidak melindungi mata kaki. Pilihlah sesuai selera anda.

tips membeli sepatu gunung tips membeli sepatu gunung – sepatu high cut


tips membeli sepatu gunung tips membeli sepatu gunung – sepatu mid cut


tips membeli sepatu gunung tips membeli sepatu gunung – sepatu low cut


  • Sol Sepatu.
    Sol yang baik memiliki kembang yang besar dengan ceruk yang tajam serta berpunggung tinggi. Mengapa? karena membantu memposisikan kaki kita dengan mantap ketika melewati jalur tebinh curam berbatu, juga membantu kaki untuk menahan berat badan pendaki. Sol tumit sepatu juga berguna untuk menahan laju badan ketika menuruni lereng bukit. Oleh karenanya, pilih sepatu dengan tumit yang besar dan kuat, terbuat dari karet atau sintetis serupa, karena bahan tersebut lebih tahan lama, lentur, dan kuat.


tips mendaki gunung bagi pemula tips mendaki gunung bagi pemula – contoh sol sepatu yang bagus


  • Ukuran sepatu. Pilihlah ukuran sepatu gunung yang lebih besar dari ukuran sepatu sehari-hari. Misal, jika biasanya memakai sepatu ukuran 40 maka carilah sepatu gunung setidaknya dengan ukuran nomor 41. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah lecet dan cedera kuku kaki yang mentok pada bagian ujung dalam sepatu, selain itu juga memudahkan kita ketika harus mengenakan kaos kaki berlapis.

Demikianlah beberapa tips membeli sepatu gunung bagi anda yang berencana untuk membeli sepatu gunung. Salah satu tips yang tidak boleh dilupakan juga adalah menyesuaikan harga sepatu yang akan dibeli dengan kondisi kantong. Tak bisa dipungkiri kalau harga berbanding lurus dengan kualitas. Tapi walau begitu tentunya tetap ada barang-barang berharga murah dengan kualitas yang lumayan. Oleh karena itu mempersiapkan budget yang kita miliki juga merupakan salah satu hal penting. Demikianlah artikel kali ini mengenai tips membeli sepatu gunung. Semoga bisa memberikan manfaat bagi teman teman sekalian. Baca juga artikel kami tentang Tips mendaki gunung bagi pemula dan manfaat mendaki gunung. Salam…!! ^^



Tips Membeli Sepatu Gunung

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tips Membeli Sepatu Gunung"

  1. Nice post Gan
    Permisi,mau numpang lapak,jangan lupa mampir ya
    http://jokaerabehin.com/
    https://www.tokopedia.com/jokaerabehin
    https://www.bukalapak.com/jokaerabehin

    BalasHapus