Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Memiliki rambut yang sehat dan menawan tentunya merupakan keinginan setiap orang. Selain untuk memerkuat kesan dan penampilan, rambut juga merupakan bagian tubuh yang menonjolkan identitas bagi setiap orang. Namun yang menjadi masalah terkadang kita mengalami kerontokan rambut. Baik pria maupun wanita rambut rontok kerap menjadi masalah yang sangat mengganggu. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kerontokan rambut.


cara mengatasi rambut rontok cara mengatasi rambut rontok


Penyebab kerontokan rambut :


Makanan

Terkadang makanan pedas dan berminyak, memberikan rasa yang lebih nikmat dari makanan biasa-biasa saja. Tapi, perlu anda ketahui bahwa dari makanan tersebut adalah awal munculnya penyakit pada tubuh. Salah satunya kulit kepala akan kelebihan minyak, dan mengakibatkan rambut menjadi rontok atau akan bertambah masalah seperti munculnya ketombe.


Faktor keturunan

Keturunan merupakan penyebab yang mungkin tidak bisa dihindari lagi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperlambat proses kebotakan itu sendiri.


Obat-obatan

Bahan kimia seperti obat-obatan, memang mempunyai efek samping yang cukup banyak. Ada juga dari berbagai obat, yang bisa menyebabkan kerontokkan rambut. Tapi, jika obat yang digunakan selesai maka rontok yang sedang dialami berhenti.


Penyakit

Penyakit juga dapat menjadi masalah rambut rontok yang sedang dialami. Penyakit seperti Diabetes dan lupus dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.


Stres

Stres juga dapat mengakibatan kerontokan pada rambut. Stres adalah beban rohani yang dialami seseorang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan yang dilakukan kurang terkontrol. Ketika seseorang mengalami stres bukan saja pikiran yang merasa letih, tubuh juga merasakan hal yang sama. Saat stres itu datang, sebagian besar anggota tubuh akan merasakan dampaknya. Salah satunya akibat stres ini adalah hormon pada rambut jadi tidak berfungsi. Pada saat itu juga tidak akan ada produksi rambut baru lagi sehingga ketika rambut Anda rontok, tidak akan ada rambut baru yang menggantikannya.


Kekurangan kalori dan nutrisi

Biasanya seseorang yang sering melakukan diet dapat menyebabkan efek samping pada terjadinya kekurangan protein, kalori dan nutrisi rambut, sehingga rambut menjadi tidak sehat, lemah dan pada akhirnya rontok, cara mengatainya dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tinggi.


Penggunaan Alat Rambut

Hairdryer, sisir, mewarnai, dan penggunaan ikat rambut. Memang memberikan rambut lebih berkaya dan lebih enak di pandang. Tapi, jika hal tersebut sudah berkelebihan atau tidak sesuai dengan aturannya. Maka muncullah masalah yang sedang kita bahas ini.


Obat-Obatan

Bahan kimia, memang umum mempunyai efek samping yang banyak. Dan ada juga dari berbagai banyak obat, yang ternyata efeknya bisa merontokkan rambut. Tapi, jika obat yang di gunakan selesai maka rontokpun berhenti.


Hamil

Penampilan wanita hamil, akan lebih buruk dari wanita yang biasa saja. Hal demikian bisa dipengaruhi karena telogen effluvium yang bisa membuat rambut menjadi rontok. Masalah ini biasanya akan muncul setelah 3 bulan setelah melahirkan.Dengan asupan gizi dan nutrisi yang tepat, mungkin kerontokan rambut yang sedang dialami akan berakhir dengan sendirinya.


Setelah membaca penyebab rambut rontok, pasti bagi anda yang sedang mengalami hal tersebut ingin tau cara mengatasi rambut rontok. Berikut tips ampuh cara mengatasi rambut rontok :


Cara Mengatasi Rambut Rontok


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menggunakan Kondisioner

Terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik untuk rambut. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Saat Keramas gunakan selalu kondisioner. Tujuan pemakain kondisioner adalah untuk mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Pijatan di kepala

Melakukan pijatan di kepala dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan membantu menjaga folikel rambut tetap aktif. Terlebih lagi jika menggunakan beberapa tetes minyal sessensial lavender, almon atau wijen dalam pemijatan. Jika anda belum bisa melakukan pemijatan sendiri, mintalah bantuan pada teman atau siapapun yang sudah berpengalaman, agar hasil yang didapat juga maksimal.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di aloevera atau lidah buaya dapat membuat rambut anda lebih baik terutamanya menjadikan rambut tebal dan subur. Anda bisa melakukannya dengan cara mengambil lidah buaya lalu memotong menjadi dua bagian. Lalu ambil lendirnya dan oleskan pada seluruh bagian rambut sambil memijti-mijit. Dan diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Madu

Dengan cara mengoleskan madu pada seluruh bagian permukaan kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan selama 10 menit. Lakukanlah cara ini serutin mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Daun seledri
Daun seledri mengandung vitamin seperti, zat besi, vitamin A, vitamin B, natrium dan kalsium bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan rambut agar lebih kuat, sehat dan tampak berkilau. Cara menggunakannya dengan ambil beberapa batang seledri secukupnya. Bersihkan dan blender dengan telur yang sebelumnya sudah dikocok. Blender sampai tercampur dengan rata. Kemudian, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dipiit dengan lembut. Diamkan selama sekitar 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Yoghurt

Yoghurt juga bermanfaat untuk mengatas rambut rontok. Caranya, yaitu gunan yoghurt sebagai masker rambut Anda. Diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini setiap minggu sekali.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Jus Alami

Gosok kulit kepala dengan jus bawang putih, jus bawang merah atau jus jahe. Biarkan semalaman. Bilas rambut hingga bersih pada pagi hari.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Pasta Alpukat

Pasta alpukat ternyata cukup efektif dalam mengatasi rambut rontok. Caranya yakni dengan menghaluskan buah alpukat secukupnya sampai benar-benar halus, setelah itu balurkan pada rambut anda dan diamkan selama 20 menit agar kandungannya dapat meresap. Langkah terakhir yakni bersihkan rambut anda dengan keramas menggunakan shampo.


Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Kemiri

Caranya yakni sangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar, kemudian setelah disangrai tumbuk lagi kemiri tersebut sampai halus dan mengeluarkan minyak. Nah gunakanlah minyak tersebut untuk dioleskan pada kulit dan rambut kepala. Lakukan pula pemijatan secara perlahan saat mengoleskan minyak tersebut. Diamkan selama 1 jam kemudian bersihkan rambut menggunakan shampo.


Dengan menerapkan cara mengatasi rambut rontok diatas tentu anda tidak perlu lagi harus melakukan perawatan mahal ke salon dengan menggunakan berbagai produk berbahan kimia. Rambut anda akan semakin sehat danberkilau. Namun tentu saja tips diatas harus dilakukan secara rutin dan telaten. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!!


 



Cara Mengatasi Rambut Rontok

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Rambut Rontok"

Posting Komentar