Tips Membuat Bivak

Tips Membuat Bivak – Bivak adalah tempat berlindung sementara atau darurat di alam bebas, dari berbagai gangguan seperti cuaca, binatang buas, angin dan sebagainya . Bivak berasal dari Bahasa Prancis “Bivouac”, sedangkan dalam bahasa inggris disebut shelter. Mendirikan bivak adalah teknik penting yang harus dikuasai jika hendak berkemah terutama ketika ingin melakukan pendakian. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terpisah dari rombongan dan kita dituntut untuk bertahan hidup atau survive. Kemampuan memndirikan bivak merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki agar bisa survival di alam bebas karena pembuatannya yang mudah dengan peralatan yang seadanya.


Walaupun memiliki fungsi yang sama, bivak memiliki perbedaan dengan tenda. Perbedaannya terletak pada bahan-bahan yang digunakan untuk mendirikannya. Bivak menggunakan segala benda yang bisa digunakan baik itu daun, ranting, batu, ponco, jas hujan, dan sebagainya. Jadi secara singkat bivak bisa disebut juga “tenda sederhana”


tips membuat bivak tips membuat bivak


Jenis Bivak


Menurut jenisnya bivak dibedakan menjadi tiga, yaitu : bivak alam, bivak, semi, dan bivak buatan.


  • Bivak Alam

Bivak jenis ini dibuat dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar seperti menggunakan dedaunan sebagai atap, dinding ataupun alas. Memanfaatkan akar-akaran maupun kulit pohon sebagai tali pembuat bivac, bentuk lain dari alam juga dapat digunakankan sebagai bivak seperti gua, lekukan tebing atau batu yang cukup dalam, lubang – lubang dalam tanah dan sebagainya.


tips membuat bivak tips membuat bivak – bivak alam


  • Bivak Semi

Disebut Bivak semi karena bivak ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan buatan buatan yang digabungkan dengan bahan bahan alami. seperti menggunakan ponco sebagai atap dan beberapa akar gantung sebagai tali. menggunakan dedaunan sebagai atap dan menggunakan ponco sebagai dinding atau pun menggunakan ponco sebagai atap dan dedaunan sebagai dinding, dan sebagainya.


tips membuat bivak tips membuat bivak – bivak semi


  • Bivak Buatan

Bivak jenis ini merupakan bivak yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan buatan atau bahan industri, seperti membuat bivak menggunakan ponco ataupun flysheet dengan memanfaatkan tali rafia sebagai bahan penunjangnya.


tips membuat bivak tips membuat bivak – bivak buatan


Tips Membuat Bivak


Dalam mendirikan bivak, kita perlu memperkirakan beberapa hal seperti perkiraan berapa lama kita akan meninggali bivak tersebut, berapa orang yang meninggali bivak tersebut, juga faktor kenyamanan dan keamanan dari lokasi pendirian bivak. Untuk faktor keamanan beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :


  1. Dirikan bivak yang terlindung dari terpaan angin, jangan dirikan bivak di tempat yang terbuka dari terpaan angin.

  2. Dirikan bivak pada tempat yang kering, datar, rata, enak buat tidur. Untuk daerah yang lembab, buatlah para-para yang kokoh. Jangan dirikan bivak di lereng gunung atau lembah.

  3. Dirikan bivak di bawah kerindangan pohon yang tembus sinar matahari. Jangan dirikan di bawah pohon yang rapuh dan lapuk karena berbahaya jika tumbang. Jangan di bawah tebing yang labil serta jangan terlalu merusak alam sekitar

  4. Pada situasi bivak yang permanen, usahakan dirikan pada daerah yang dekat dengan sumber air.

  5. Jangan dirikan bivak terlalu dekat dengan dialiran sungai ataupun pada jalur lintas binatang.

  6. Jangan pernah lupa untuk membuat parit di sekitar bivak yang anda dirikan, menebarkan garam, serta membuat api unggun untuk perlindungan.

  7. Di daerah tempat kita akan mendirikan bivak hendaknya bukan merupakan sarang nyamuk atau serangga lainnya.

  8. Apabila memilih gua, pastikan tempat ini bukan persembunyian satwa. Goa yang akan ditinggali juga tak boleh mengandung racun. Cara untuk mengetahui ada tidaknya racun adalah dengan memakai obor. Kalau obor tetap menyala dalam gua tadi berarti tak ada racun atau gas berbahaya di sekitarnya.

Dalam membuat bivak, tidak terpaku hanya pada satu model kerucut saja. Bentuk bivak disesuaikan dengan kebutuhan, jumlah orang yang akan menghuninya, dan juga sumber daya yang tersedia untuk membuat bivak itu sendiri. Tentunya tidak dipungkiri aspek keindahan juga sebaiknya diperhatikan. Berikut beberapa gambar bivak yang bisa dijadikan referensi bagi anda.


tips membuat bivak tips membuat bivak


tips membuat bivak tips membuat bivak


tips membuat bivak tips membuat bivak


 


tips membuat bivak tips membuat bivak


 


tips membuat bivak tips membuat bivak


Cukup sekian artikel kali ini mengenai Tips membuat bivak, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk mengikuti artikel artikel bermanfaat lainnya. Salam…!! ^^


 


 


 


 



Tips Membuat Bivak

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Bivak"

Posting Komentar