7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh

7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh – Berenang merupakan olahraga yang sangat digemari berbagai kalangan. Selain menyenangkan berenang memiliki manfaat yang sangat beragam. Tidak seperti beerapa olahraga lain yang memfokuskan pada bagian tubuh tertentu, Renang efektif untuk melatih seluruh bagian tubuh.


Renang juga termasuk juga olahraga yang rawan cidera jika melakukan pemanasan yang tepat serta mengikuti prosedur yang ada. Tak heran jika renang ternyata memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat berenang bagi tubuh? Berikut 7 manfaat berenang bagi tubuh yang telah kami rangkumkan dari berbagai sumber.


manfaat berenang bagi tubuh manfaat berenang bagi tubuh


7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh


1. Memperkuat jantung

Manfaat berenang bagi tubuh yang pertama berkaitan dengansalah satu oragan terpenting kita. Selain mengencangkan otot yang terlihat seperti otot dada (pectoralis),otot  trisep dan paha depan, berenang juga membantu meningkatkan otot yang paling penting dalam tubuh kita yakni  Jantung. Karena berenang adalah latihan aerobik, maka ia berfungsi untuk memperkuat jantung. Tidak hanya membantu otot jantung menjadi lebih kuat, tetapi membuatnya lebih efisien dalam memompa  aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh Anda. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa hanya dengan 30 menit latihan per hari, seperti berenang, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen. Selain itu ia juga baik dalam mengontrol tekanan darah/tensi.


2. Mencegah obesitas

Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.


3. Menghilangkan stress

Jangan salah, manfaat renang ternyata juga bisa menghilangkan stres. Karena, berenang menggunakan media air yang membuat kita merasa lebih gembira. Selain itu, hormon endorphin yang sering juga disebut hormon bahagia akan meningkat saat berenang secara santai. Ini adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik.


4. Memperkuat sendi

Ketika Anda berenang dan mengapung, maka Anda seperti mengalami gravitasi nol. Tubuh Anda seakan-akan melawan gravitasi sehingga melatih tulang dan sendi untuk menjadi lebih kuat. Tak heran jika renang juga dijadikan sebagai terapi rematik dan nyeri sendi.


5. Mengencangkan otot secara merata

Renang dinilai sebagai aktivitas fisik yang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot tubuh. Air memberikan tekanan hampir 12 kali lipat pada otot sama seperti udara. Renang adalah olahraga yang memberikan kesempatan pada hampir seluruh bagian tubuh, yakni mulai dari bagian atas hingga bagian bawah untuk bergerak. Hal inilah yang membuat renang dianggap sebagai latihan fisik yang ideal untuk mengencangkan otot-otot di hampir seluruh bagian tubuh. Gaya kupu-kupu pada renang sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot bagian atas dan bawah tubuh seperti bahu, pinggul, hingga kaki.


6. Meningkatkan tinggi badan

Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih


7. Memperpanjang usia

Para peneliti di University of South Carolina yang  diikuti 40.547 orang, berusia 20 sampai 90 tahun  menemukan bahwa mereka yang berenang memiliki tingkat kematian 50 % lebih rendah dibandingkan pelari, pejalan kaki atau orang yang tidak pernah berolahraga. Mereka menyimpulkan bahwa manfaat berenang yang sama akan diterima oleh perempuan maupun laki-laki.


Itulah 7 manfaat berenang bagi tubuh yang telah kami rangkumkan dari berbagai sumber. Tentunya masih sangat banyak manfaat lain dari berenang tapi ke tujuh manfaat di atas telah cukup mewakili manfaat lainnya. Hal yang harus diingat sebelumnya adalah dengan melakukan pemanasan yang benar sebelum mulai berenang. Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Salam…!! ^^



7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Manfaat Berenang Bagi Tubuh"

Posting Komentar