Contoh Latar Belakang Skripsi

Contoh Latar Belakang Skripsi – Setelah sebelumnya kita telah mengetahui cara memilih judul skripsi yang baik, maka pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya dalam proses pembuatan skripsi yaitu membuat latar belakang. Seperti kita ketahui bahwa skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisnya. Oleh karena itu dalam pembuatan latar belakang tetap harus mengikuti kaidah-kaidah penulisan ilmiah.


contoh latar belakang skripsi contoh latar belakang skripsi


Latar belakang adalah sebuah dasar pemikiran yang melatarbelakangi kita untuk meneliti lebih lanjut judul yang kita angkat, sehingga pembaca bisa mengerti alasan mengapa kita mengangkat judul tersebut. Hal inilah yg menyebabkan Latar belakang selalu berada pada bagian awal dari BAB I PENDAHULUAN di skripsi dan karya tulis lainnya. Pada latar belakang kita bisa memaparkan data berupa fakta atau realita yang mendasari pemikiran kita untuk meneliti lebih dalam suatu tema atau judul tersebut, lalu membandingkannya dengan harapan yang diinginkan. Perbandingan antara Harapan dan kenyataan itulah yang menjadi dasar masalah yang akan dibahas lebih lanjut pada rumusan masalah.


Pemilihan kalimat pada latar belakang sebaiknya jelas, lugas, tidak bertele-tele, serta dapat merangkum maksud, tujuan, dan sedikit pembahasan dari skripsi tersebut. Karena. latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti, pentingnya permasalahan dan pendekatan yang digunakan untukan untuk menyelesaikan masalah tersebut baik dari sisi teoritis dan praktis. Adapun hal-hal yang terkandung dalam latar belakang yaitu :


1. Fenomena atau Issue terbaru

Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya. Bisa juga keadaan atau kondisi di masyarakat atau di kalangan tertentu yang berhubungan dengan masalah yang akan di teliti. Misalnya berbagai kebijakan pemerintah, issue pendidikan, kenakalan remaja, prestasi siswa dll.


2. Kondisi Ideal didukung Teori-teori terbaru (Harapan)

Mengemukakan kondisi yang diharapkan oleh siswa, masyarakat atau pemerintah didukung oleh pemaparan berbagai kajian teori yang merujuk kondisi yang diinginkan atau kondisi yang seharusnya.


3. Kondisi Empiris (Realita)

Mengemukakan kondisi yang terjadi terhadap obyek yang akan di teliti disertai berbagai bukti yang mendukung terhadap pengungkapan kondisi tersebut.


4.Penemuan Masalah

Berdasarkan pengungkapan kondisi ideal dan kondisi empiris (No. 2 dan No. 3) di atas maka akan muncul ketimpangan antara keduanya yang kemudian akan di analisis dan di teliti. Jelaskan pula kompleksitas masalah jika masalah itu dibiarkan maka akan menimbulkan dampak apa secara lebih luas


5. Alasan Penelitian

Pada bagian akhir penulisan Latar Belakang kemukakan pentingnya penulisan dan pentingnya pemilihan permasalahan yang di teliti serta penjelasan singkat tentang kedudukan atau posisi masalah yang diteliti dalam ruang lingkup bidang studi yang ditekuni.


Selanjutnya cara membuat latar belakang adalah sebagai berikut :


  • Pada bagian awal latar belakang adalah gambaran umum tentang masalah yang akan di angkat. Dengan model piramid terbalik buat gambaran umum tentang masalah mulai dari hal global sampai mengerucut fokus pada masalah inti, objek serta ruang lingkup yang akan di teliti (deduktif).

  • Pada bagian tengah ungkapkan fakta, fenomena, data-data dan pendapat ahli berkenaan dengan pentingnya masalah dan efek negatifnya jika tidak segera di atasi dengan di dukung juga teori dan penelitian terdahulu.

  • Bagian akhir di isi dengan alternatif solusi yang bisa di tawarkan (teoritis dan praktis) dan akhirnya munculah judul.

Beberapa contoh latar belakang skripsi yang bisa anda jadikan referensi :


contoh latar belakang skripsi kuantitatif : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan Kependidikan I : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan ilmu sosial : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan biologi : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan ekonomi : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan akutansi I : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan akutansi II : download disini


contoh latar belakang skripsi jurusan Kependidikan II : download disini


Itula beberapa contoh latar belakang skripsi beserta tips cara menyusun latar belakang skripsi yang baik dan benar. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang menyusun skripsi anda. Cukup sekian untuk artikel kali ini, jangan lupa untuk membaca juga cara memilih judul skripsi yang baik. Salam….!! ^^



Contoh Latar Belakang Skripsi

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Latar Belakang Skripsi"

Posting Komentar