Manfaat Wirausaha

Manfaat Wirausaha – Realita ekonomi dewasa ini tidak bisa dipungkiri kalau indonesia masih tertinggal jauh dibandingkan negara – negara maju. Bahkan sesama negara berkembangpun Indonesia masih berada di urutan belakang. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah rendahnya jumlah usaha mandiri di Indonesia. Mindset kebanyakan orang indonesia yang mencita-citakan anaknya menjadi PNS dan malu jika berwirausaha menjadi faktor penghambat tumbuhnya wirausaha di Indonesia. Padahal wirausaha bisa dikatakan sebagai motor penggerak perekonomian suatu bangsa.


Manfaat Wirausaha Manfaat Wirausaha


Pengertian Wirausaha


Kata wirausaha sendiri  merupakan gabungan dua kata yang menjadi satu yaitu kata wira dan usaha. Wira artinya pahlawan, laki-laki, sifat jantan, perwira. Usaha artinya perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya atau kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Wirausaha secara umum adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi. Oleh karena itu wirausaha perlu memiliki kesiapan mental, baik untuk menghadapi keadaan merugi maupun untung besar.


Beberapa definisi tentang wirausahawan diantaranya adalah berikut:


  • Jean Baptise Say – Seseorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

  • Frank Knight – Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyingkapi perbuahan pasar. Definisi ini menekankan pada penerapan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manejerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.

  • Raymond W.Y. Kao – Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

  • Richard Cantillon – Wirausaha adalah seseorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas yang lebih tinggi.

  • Schumpeter – Wirausaha merupakan inovator yang tidak selalu menjadi inventor (penemu).

manfaat wirausaha manfaat wirausaha


Manfaat Wirausaha


Selain sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan pribadi, wirausaha juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut manfaat wirausaha secara luas diantaranya yaitu:


  • Menambah lapangan kerja

Fungsi utama wirausaha adalah menambah lapangan kerja. Dengan berwirausaha artinya selain kita membuka lapangan kerja bagi diri sendiri, juga tidak menutup kemungkinan jika usaha telah meluas bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dengan kata lain kita mengurangi jumlah pengangguran dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan negara.


  • Mempunyai peluang untuk mengoptimalkan diri,

Berwirausaha juga melatih mental dan memacu potensi diri kita. Dengan berwirausaha, kita akan terpacu agar hari ini menjadi lebih baik dari yang kemarin, dan esok lebih baik dari hari ini. Begitu pula ketika kita merencanakan peningkatan profit atau pengembangan usaha maka kita mau tidak mau akan berusaha untuk terus menjadi lebih baik


  • Adanya peluang untuk mencapai keuntungan dengan maksimal yang semuanya di dapat dari hasil kerja keras kita.

Dengan berwirausaha, minimal kita bisa menjadi bos bagi diri kita sendiri. Mendapatkan hasil kerja dengan jerih payah hasil keringat sendiri tentunya memberikan kebahagiaan yang terkadang sulit untuk dijelaskan. Terlebih jika kita memperoleh keuntungan sesuai dengan yang kita targetkan, atau bahkan lebih.


  • Menunjukan bahwa diri kita mampu menjadi pemimpin, yang dapat memanage semua aspek-aspek perusahaan

Berani berwirausaha sama artinya berani menghadapi tantangan luas. Jika diumpamakan sama seperti keberanian pelaut mengarungi lautan berbadai, ataupun keberanian seorang prajurit terjun kemedan perang. Tentunya selain dibutuhkan keberanian, kemampuan untuk mempimpin juga sangat dibutuhkan terutama ketika kita mempekerjakan orang lain. Dengan berwirausaha kita belajar dan mengaplikasiakn kemampian manajemen dan kemampuan kepemimpinan kita.


  • Mempunyai peluang untuk dapat membantu masyarakat dengan usaha yang konkret atau jelas kegiatan usahanya.

Dengan berwirausaha, kita bisa membantu masyarakat disekitar kita untuk memenuhi kebutuhannya yang sulit terpenuhi. misanylnya membuka usaha warung sembako di daerah yang akses tarhadap kebutuhannya cukup sulit.


manfaat wirausaha manfaat wirausaha


Selanjutnya berwirausaha tentunya memiliki tantangan-tanatangan tersendiri. Tantangan yang dialami oleh para wirausahawan diantaranya adalah :


  • Memperoleh pendapatan yang tidak menentu, karena pendapatan yang didapat tergantung pada fluktuasi permintaan pelanggan yang diperkirakan tidak tetap.

  • Segala resiko yang terjadi dipikul oleh mereka.

  • Wirausahawan dituntut bekerja keras, tidak menyia-nyiakan waktu, serta selalu berpikiran jauh kedepan.

  • Wirausahawan dituntut untuk tidak boros.  Menghemat pengeluaran, memperbesar pendapatan meruapakan jalan hidup wirausahawan.

Tentunya dibutuhkan keberanian serta kerja keras agar bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses.  Demikian artikel kali ini mengenai manfaat wirausaha, Semoga info mengenai manfaat wirausaha tadi bisa memberikan motivasi kepada pembaca sekalian yang ingin memulai berwirausaha. Salam…!! ^^


 



Manfaat Wirausaha

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Manfaat Wirausaha"

  1. terima kasih
    jangan lupa kunjungi website kampus saya(https://www.atmaluhur.ac.id)
    Nama : Wilda Apriani
    Nim : 172200066

    BalasHapus
  2. thanks min, sangat bermanfaat infonya.
    jangan lupa kunjungi website kampus saya(https://www.atmaluhur.ac.id)
    Nama : Wilda Apriani
    Nim : 172200066

    BalasHapus
  3. mantap sekali min.
    jangan lupa kunjungi website kampus saya(https://www.atmaluhur.ac.id)
    Nama : Wilda Apriani
    Nim : 172200066

    BalasHapus
  4. terima kasih ilmunya ya min.
    jangan lupa kunjungi website kampus saya(https://www.atmaluhur.ac.id)
    Nama : Wilda Apriani
    Nim : 172200066

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus